Kompas TV feature news or hoax

Jakarta Tanpa Kantong Plastik Kresek - NEWS OR HOAX (Bag3)

Jumat, 24 Juli 2020 | 07:02 WIB

KOMPAS.TV - Mulai 1 Juli  lalu Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan larangan penggunaan kantong plastik di seluruh wilayah DKI Jakarta. Hal ini berlaku bagi di semua sektor pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat.

Larangan tersebut telah diatur dalam peraturan gubernur nomor 142 tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah ligkungan pada pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat.

Kini, penggunaan kantong plastik di ganti dengan kantong kertas atau kantong kain yang dinilai lebih ramah lingkungan, pengelola wajib memberitahukan aturan tersebut kepada seluruh pelaku usaha di pusat perbelanjaan atau pasar rakyat masing masing.

Anies menyampaikan, larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai bukan bertujuan untuk membebani para pelaku usaha. Tujuan utama penerapan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai adalah mengurangi tumpukan sampah plastik yang sulit didaur ulang.

Sekarang ini, Bantar Gebang sudah penuh dengan sampah  yang mencapai 39 juta ton. 34 persen dari sampah tersebut adalah sampah plastik, dan kebanyakan kantong kresek.

Alasan lain dilarangnya penggunaan kantong plastik sekali pakai karena sampah plastik dinilai sulit terurai. Bahkan disebut butuh puluhan hingga ratusan tahun untuk sampah plastik terurai secara alamiah di alam.

#NewsOrHoax #SampahPlastik #JakartaTanpaPlastik

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:58
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA