Kompas TV feature news or hoax

Mengenal Eucalyptus, Kalung Anti Corona - NEWS OR HOAX (Bag3)

Kamis, 23 Juli 2020 | 17:47 WIB

KOMPAS.TV - Beberapa waktu lalu kementerian pertanian merilis produk kalung anti corona dengan bahan eucalyptus. Eucalyptus dikenal sebagai bahan pembuat minyak kayu putih.

Saat ini ada 4 produk antivur corona yang dibuat oleh kementan dengan menggunakan bahan ini, dan menurut rencana produk ini akan diproduksi massal mulai Agustus mendatang.

Namun, informasi mengenai produk ini mendapat kritik dari sejumlah pihak. Pasalnya kalung anti corona tersbut belum lolos uji klinis, riset yang dilakukan belum dipublikasikan lewat jurnal ilmiah dan tidak spesifik membunuh virus sars COV 2 yang menyebabkan wabah Covid 19.

Dojter dan akademisi juga terusik dengan produk ini. Tidak hanya meragukan khasiat produk, penggunaan anggaran untuk memproduksi massal produk ini juga menjadi sorotan.

Ikatan dokter Indonesia tau IDI juga menyoroti klaim produk anti virus tanpa uji klinis ini. Pasalnya ini adalah produk aromatherapu yang tidak bisa di klaim sebagai obat.

Namun pada akhirnya kementan menjelaskan, produk kalung anti virus corona ini merupakan sebagai potensi menekan perkembangan corona.

Kementan tidak mengkalim ini merupakan obat covid 19, karena mereka tidak mengujiCovid 19. Kementan hanya menguji kepada corona model.

Karena hanya memiliki sample beta corona, bukan spesifik dari sars covi 2 yang merupanan penyebab virus covid 19.

#NewsOrHoax #Corona #Eucalyptus

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:34
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA