Kompas TV klik360 cerita indonesia

Viral! Resep Klepon Tradisional Isi Gula Merah dan Wijen

Rabu, 22 Juli 2020 | 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Klepon adalah adalah salah satu kue favorit masyarakat Indonesia. Terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini biasanya berwarna hijau dan berisi gula merah.

Kue klepon berbentuk bulat serta bertekstur lembut dan kenyal. Klepon disajikan dengan taburan parutan kelapa.

Penjual klepon keliling biasanya juga menjual kue putu yang berbahan dasar sama. Dalam video ini, kami akan memberikan resepnya untuk anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain;

1. 25 gram tepung sagu,

2. 1-2 sendok teh wijen,

3. 200 gram tepung ketan putih,

4. 150 ml air hangat,

5. 75 gram gula merah,

6. 150 ml kelapa parut,

7. 1/4 sendok teh garam,

8. 2 lembar daun pandan,

9. 20 ml air suji,

10. Kelapa parut,

Taburi garam di atas parutan kelapa. Tambahkan 2 lembar daun pandan, lalu kukus di atas api sedang.

Campurkan tepung ketan putih, sagu, dan air hangat secukupnya. Tambahkan air daun suji dan aduk hingga warna hijaunya tercampur rata.

Campurkan wijen dan gula merah. Pipihkan adonan tepung dan isi dengan campuran gula merah. Lalu bentuk bulat-bulat.

Rebus klepon dalam air mendidih sampai terapung, kemudian angkat dan campurkan dalam adonan parutan kelapa.

 

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:53
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA