Kompas TV regional berita daerah

Olahan Pupur Dingin Dari Biji Buah Mangrove

Kompas.tv - 21 Juli 2020, 23:00 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS TV - Di era modern, bergam produk kecantikan atau kosmetik mudah untuk didapat dan hasilnya pun di akui instan. Namun berbeda dengan marwah yang sudah turun menurun mewarisi resep produk kecantikan tradisional.

Marwah sudah menjadi generasi ke 3 mewarisi produk kecantikan keluarganya berupa pupur dingin. Pupur dingin olahan keluarga marwah di olah dari buah magrove jenis xylocarpus granatum, yang banyak tumbuh di kawasan pesisir pantai Manggar Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pengolahan pupur dinginnya pun cukup mudah. Marwah hanya perlu mencari buah magrove yang telah matang, dan mengupas nya. Lalu biji buah magrove diambil dan dibersihkan hingga di potong pipih. Biji mangrove selanjutnya dijemur terlebih dulu hingga 2 hari.  Setelah kering barulah biji buah magrove ditumbuk.Setelah kering barulah dapat digunakan.

Pupur dingin yang terbuat dari biji buah magrove ini sipercaya dapat menghaluskan kulit wajah dan menghindari terpaan sinar ultra violet.

Namun sayang perkembangan zaman membuat bisnis pupur dinginnya kini mulai dilupakan, dan dirinya kini hanya mengejarkan sesuai pesanan saja. Satu kantung pupur dingin dijual mulai harga seribu hingga sua ribu rupiah.

#pupurdingin#bedakdingin#bijimangrove
 

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan,  yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV Balikpapan:

instagram:  https://www.instagram.com/kompastv.balikpapan/?hl=id

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbalikpapan

twiter : https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x