Kompas TV nasional politik

Menhan Prabowo Surati Menhan Austria, Berminat Beli 15 Eurofighter Typhoon

Selasa, 21 Juli 2020 | 03:25 WIB
menhan-prabowo-surati-menhan-austria-berminat-beli-15-eurofighter-typhoon
Pesawat tempur Eurofighter Typhoon. (Sumber: Eurofighter.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan telah mengirimkan surat kepada Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tenner. Isi surat tersebut menawarkan diri untuk membeli 15 pesawat tempur milik Angkatan Udara Austria.

Surat yang berupa proposal bernomor 60/M/VII/2020 dan bertanggal 10 Juli 2020 itu mengutarakan keinginan untuk membeli 15 pesawat tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Austria.

Kabar pengajuan pembelian oleh Menhan Prabowo tersebut disebutkan oleh situs berita berbahasa Jerman, Kronen Zeitung. Situs berita tersebut mengunggah foto proposal tawaran pembelian 15 Eurofighter Typhoon.

"Karena itu, saya mengajak untuk membahas secara resmi dengan Anda, Yang Mulia, tentang pembelian 15 Eurofighter Typhoon dari Austria untuk Angkatan Udara Republik Indonesia," demikian isi surat tersebut, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Pesawat Bersengketa
Rencana Menhan Prabowo Subianto membeli Eurofighter Typhoon milik Austria, ingin mengambil keuntungan dari status pesawat tempur tersebut. Pasalnya 15 Eurofighter Typhoon tersebut memiliki permasalahan di Austria.

Dikabarkan, Austria mencium adanya unsur suap dan korupsi dalam pengadaan pesawat tempur Eurofighter Typhoon dari Airbus.

Airbus dan konsorsium lain yang terlibat dalam pengadaan pesawat tempur tersebut telah membantah hal ini. Karena kasus ini, Austria yang semula memesan 18 unit pesawat, dikurangi menjadi 15 unit.

Editor : Hariyanto Kurniawan

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:10
KUASA HUKUM SUGI NUR RAHARDJA BERENCANA AJUKAN PENANGGUHAN KLIENNYA KE POLISI   BOM BUNUH DIRI DI SEBUAH PUSAT PENDIDIKAN DI IBU KOTA AFGHANISTAN, KABUL, MENEWASKAN 24 REMAJA   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH DAN ANGGOTA KERAJAAN BAHAS PERMINTAAN PM MUHYIDDIN YASSIN   POLRES METRO JAKBAR SITA SENJATA TAJAM SEBAGAI BARANG BUKTI 13 ORANG YANG DITANGKAP KARENA TAWURAN DI GREEN GARDEN   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 13 PEMUDA YANG TAWURAN DI JALAN PANJANG GREEN GARDEN, KEBUN JERUK   KETUA TAGANA PANGANDARAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN BELASAN RUMAH RUSAK PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,9   DIRLANTAS POLDA LAMPUNG MENGATAKAN DARI 17 AREA ISTIRAHAT DI TOL TRANS-LAMPUNG HANYA 9 YANG BEROPERASI   ANTREAN PADAT, PT KAI DAOP 1 JAKARTA IMBAU CALON PENUMPANG KERETA TIDAK TES CEPAT COVID-19 DI STASIUN KEBERANGKATAN   KAHUMAS PT KAI DAOP 1 JAKARTA SEBUT LONJAKAN PESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH KEBERANGKATAN 27-28 OKTOBER MENINGKAT   KPU KABUPATEN SEMARANG SEBUT DEBAT TERBUKA PASLON CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DILAKSANAKAN PADA 10 NOVEMBER 2020   KEMENKES PERIKSA 33.797 SPESIMEN KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19: TAMBAH 94, PASIEN KORONA MENINGGAL MENCAPAI 13.299   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT 4.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DARI VIRUS KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT ADA 3.732 KASUS BARU KORONA PADA 25 OKTOBER 2020