Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

BPK Beri Opini WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintahan Jokowi

Kompas.tv - 20 Juli 2020, 21:05 WIB
bpk-beri-opini-wtp-untuk-laporan-keuangan-pemerintahan-jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Sidang Kabinet Paripurna, Istana Negara, (18/6/2020). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP-LKPP) Tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Istana Negara.

Dari hasil pemeriksaan BPK, laporan keuangan pemerintah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Atas opini WTP tersebut, Presiden Jokowi bersyukur, karena laporan keuangan pemerintah mendapat opini WTP secara berturut selama 4 tahun.

"Alhamdulillah selama 4 tahun berturut-turut sejak 2016 sampai 2019 pemerintah pusat dapat mempertahankan opini WTP dari BPK," kata Jokowi dalam sambutannya setelah mendengarkan pemaparan dari BPK.

Selain itu, Jokowi juga bersyukur jumlah entitas pemeriksaan yang mendapatkan WTP juga meningkat, dari 82 di tahun 2018 menjadi 85 di tahun 2019.

Baca Juga: Presiden Jokowi Keluarkan Perpres, BIN Tak Lagi di Kemenko Polhukam

Oleh karena itu, Jokowi meminta seluruh menteri dan kepala lembaga untuk menjadikan hasil pemeriksaan BPK sebagai parameter perbaikan, reformasi, dan perubahan dalam pengelolaan anggaran negara.

"Kepada kementerian dan lembaga yang mendapatkan opini WTP, pertahankan. Tapi juga tetap reform. Yang belum baik segera diperbaiki," katanya.

Untuk kementerian dan lembaga yang masih mendapatkan opini Wajar dengan Pengecualian (WDP) dan mendapatkan opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) atau disclaimer of opinion, Jokowi meminta agar secepatnya melakukan perbaikan, terobosan, dan langkah-langkah perubahan yang signifikan.

Baca Juga: Gugus Tugas Covid-19: Awas, Mikro Droplet Melayang di Udara! Pakai Masker

"Saya akan monitor terus apa saja langkah-langkah perbaikan yang dilakukan para menteri dan kepala lembaga. Langkah perbaikan harus konkret, harus nyata," tegasnya.

Sehingga, lanjut Jokowi, setiap uang rakyat yang dikelola pemerintah dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, uang yang dikeluarkan untuk rakyat bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

"Terakhir saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras seluruh pimpinan dan anggota BPK dalam menyelesaikan LHP-LKPP 2019," tutup Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x