Kompas TV tekno internet

Uni Emirat Arab Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Pertama di Semenanjung Arab

Kompas.tv - 20 Juli 2020, 17:03 WIB
uni-emirat-arab-luncurkan-pesawat-ruang-angkasa-pertama-di-semenanjung-arab
Pesawat Ruang Angkasa Hope Saat Diluncurkan (Sumber: Sumber : [https://images.app.goo.gl/JBisbgUyHDERBYVE6])
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Hari ini (19/7), pesawat luar angkasa Uni Emirat Arab untuk pertama kali berhasil lepas landas di ujung selatan Jepang, tepatnya di Tanegashima Space Center Jepang. Ini adalah pesawat luar angkasa yang meluncur pertama kali dari Semenanjung Arab.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hope Mars Mission (@hopemarsmission) on

Pesawat tersebut seukuran mobil yang dikirim menuju planet Mars untuk mempelajari cuaca di Mars. Pesawat itu bernama "Al-Amal" atau "Hope", di luncurkan tepat pada pukul 6:58 pagi waktu setempat.

Dilansir dari theverge.com Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) menyusun proyek ini pada tahun 2014 untuk menginspirasi para remaja Emirat muda, selain itu juga untuk merayakan ulang tahun ke-50 menandai penyatuan UEA pada bulan Desember 2021.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hope Mars Mission (@hopemarsmission) on

Sementar itu tujuan misi ini adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang dinamika cuaca di atmosfer planet merah, serta sebagai pondasi awal untuk tujuan yang jauh lebih besar - membangun pemukiman manusia di Mars dalam 100 tahun ke depan.

Yousef Al Otaiba, duta besar Uni Emirat Arab untuk Amerika Serikat mengatakan "Kerja keras dan dedikasi selama bertahun-tahun terbayar dengan besar, berkat kerja keras tim, pesawat ruang angkasa pertama UEA, yang enam tahun lalu hanya sebuah konsep, hanya sebuah ide, kini terbang ke luar angkasa dengan baik dalam perjalanannya ke planet lain. Ini adalah pencapaian besar. Tapi ini baru permulaan."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x