Kompas TV nasional sapa indonesia

Inspiratif! Seorang Jurnalis Jadi Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19

Senin, 20 Juli 2020 | 17:47 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Di antara tanggung jawab jurnalistik, Michael mendaftar sebagai sukarelawan pemakaman jenazah covid-19. Tidak terpikirkan sebelumnya oleh Michael Aryawan, menjadi salah seorang sukarelawan pemakaman jenazah pasien covid-19, bersama tim reaksi cepat BPBD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Awalnya, ia hanya menjalankan tugas peliputan semata, sebagai seorang jurnalis. Michael tidak bisa lagi mengabaikan rasa kemanusiaannya yang terusik, ia ingin mengabdikan dirinya sebagai sukarelawan di tim pemakaman jenazah pasien covid-19.

Keinginan itu kian mantap, saat ajakan datang dari sejumlah rekan yang telah lebih dulu bergabung. Meski akhirnya bergabung bersama tim sukarelawan pemakaman jenazah pasien covid-19, bukan berarti kerja sosial yang diinginkan Michael tanpa kendala. Penolakan sempat dilontarkan oleh keluarga, termasuk dari sang istri yang juga seorang tenaga kesehatan.

Hingga saat ini, Michael bersama tim sukarelawan pemakaman telah memakamkan lebih dari 200 jenazah pasien suspek covid-19 di seluruh DIY, baik pasien yang terkonfirmasi positif maupun berstatus probable.

Menjalankan kerja jurnalistik sekaligus menjadi sukarelawan penanganan covid-19, pastilah memberi lelah tambahan. Namun, bagi Michael Aryawan, tiap tetesan keringat bagi kemanusiaan adalah rasa syukurnya pada tuhan.

Baca Juga: Petugas Kebersihan DKI Ikuti Rapid Test yang Digelar Relawan Indonesia Bersatu

Penulis : Fransiska Wijayanti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:41
BACA LIPUTAN SEPUTAR VAKSINASI COVID-19 DALAM HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS: KLIK.KOMPAS.ID/EDISIVAKSIN   GARDA REVOLUSI IRAN MENGUJI COBA RUDAL BALISTIKNYA TERHADAP TARGET DI SAMUDRA HINDIA   BRASIL KIRIM KEMBALI DOKUMEN UNTUK PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN KORONA SPUTNIK V BUATAN RUSIA   MENKEU PORTUGAL JOAO LEAO POSITIF TERINFEKSI KORONA   ITALIA MENANGGUHKAN PENERBANGAN DARI BRASIL ATAS TANGGAPAN JENIS BARU VIRUS KORONA   GOR SUDIRMAN DI GARUT, JABAR, DISEGEL KARENA MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   JEMBATAN PENGHUBUNG JALUR TRANS-KALIMANTAN DI KECAMATAN MATARAMAN, BANJAR, KALSEL TERPUTUS   PVMBG: SELAIN GUNUNG SEMERU, GUNUNG API ILE LEWOTOLOK DAN GUNUNG SINABUNG JUGA AKTIVITAS VULKANIKNYA MASIH TINGGI   BPBD JATIM IMBAU WARGA TIDAK BERAKTIVITAS DI AREA DALAM RADIUS 1 KILOMETER DARI PUNCAK GUNUNG SEMERU   SEMBILAN KECAMATAN DI PROBOLINGGO TERDAMPAK HUJAN ABU VULKANIK GUNUNG SEMERU   TIM SAR TERUS SISIR PENCARIAN KORBAN YANG TERJEBAK DALAM RERUNTUHAN GEMPA DI MAMUJU, SULAWESI BARAT   BNPB MINTA MASYARAKAT MAMUJU TAK TERPENGARUH ISU HOAKS SOAL GEMPA BUMI SULAWESI BARAT   PERTAMINA BANTU BAHAN BAKAR, SEMBAKO & ALAT KESEHATAN UNTUK DAERAH BENCANA DI KALSEL, MAJENE, DAN SUMEDANG   KEMENKES: ORANG TANPA GEJALA COVID-19 TETAP BISA DIBERI VAKSIN