Kompas TV nasional sapa indonesia

Inspiratif! Seorang Jurnalis Jadi Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19

Senin, 20 Juli 2020 | 17:47 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Di antara tanggung jawab jurnalistik, Michael mendaftar sebagai sukarelawan pemakaman jenazah covid-19. Tidak terpikirkan sebelumnya oleh Michael Aryawan, menjadi salah seorang sukarelawan pemakaman jenazah pasien covid-19, bersama tim reaksi cepat BPBD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Awalnya, ia hanya menjalankan tugas peliputan semata, sebagai seorang jurnalis. Michael tidak bisa lagi mengabaikan rasa kemanusiaannya yang terusik, ia ingin mengabdikan dirinya sebagai sukarelawan di tim pemakaman jenazah pasien covid-19.

Keinginan itu kian mantap, saat ajakan datang dari sejumlah rekan yang telah lebih dulu bergabung. Meski akhirnya bergabung bersama tim sukarelawan pemakaman jenazah pasien covid-19, bukan berarti kerja sosial yang diinginkan Michael tanpa kendala. Penolakan sempat dilontarkan oleh keluarga, termasuk dari sang istri yang juga seorang tenaga kesehatan.

Hingga saat ini, Michael bersama tim sukarelawan pemakaman telah memakamkan lebih dari 200 jenazah pasien suspek covid-19 di seluruh DIY, baik pasien yang terkonfirmasi positif maupun berstatus probable.

Menjalankan kerja jurnalistik sekaligus menjadi sukarelawan penanganan covid-19, pastilah memberi lelah tambahan. Namun, bagi Michael Aryawan, tiap tetesan keringat bagi kemanusiaan adalah rasa syukurnya pada tuhan.

Baca Juga: Petugas Kebersihan DKI Ikuti Rapid Test yang Digelar Relawan Indonesia Bersatu

Penulis : Fransiska Wijayanti





BERITA LAINNYA


Kesehatan

Awas Diet Ekstrem Merajelela

Sabtu, 10 April 2021 | 18:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:06
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI