Kompas TV kuliner cerita rasa

Garang Asem Bu Parti Khas Ponorogo

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 13:02 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada satu lagi saja yang terkenal di Ponorogo yaitu garang asem Benoe menuju daerah Ngasinan Jetis, Ponorogo untuk mencoba garang asem pedas buatan bu Parti.

Terkenal dengan pedasnya hampir 500 porsi terjual setiap hari. Bu Parti juga punya garang asem tawon.

Menurut pakar kuliner almarhum Bondan Winarno setidaknya ada 5 jenis garang asem di Indonesia, dengan karakter berbeda. Versi pertama adalah garang asem asal Kudus dengan kuah bening pedas asam, sedangkan garangasem bu Parti mirip dengan Garang Asem di kota Solo.

Benoe memutuskan untuk menemui bu Parti di dapur, lama nggak ketemu 8 tahun. Proses memasaknya masih dilakukan masal menggunakan kayu bakar.

Sekitar empat fase proses pembuatan garam asam di warung tersebut. Fase pertama adalah mengolah bumbu, untuk hal ini beliau sendiri yang mengurus pembuatan bumbu.

Karena setiap tangan sejatinya juga punya rasa. Bumbu olahan sama, tapi tanpa sentuhan tangan bu Parti, maka rasanya pun berbeda.

Fase ke dua adalah memotong ayam. Dalam hal ini karyawan bu Parti yang bekerja. Memotong, mencabuti bulu sampai membersihkan.

Fase ketiganya adalah memasak. Dalam hal ini bu Parti dan karyawannya bekerja sama. Fase keempat adalah menghidangkan. Makanan pada akhirnya sampai juga di meja pembeli.

Alamat: Rumah makan Bu Parti

Mantup, Ngasinan, Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63473

Jam buka: 

Buka ⋅ Tutup pukul 22.00 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.