Kompas TV tekno internet

Fakta Palestina Dihapus Google Maps dan Apple Maps, Ternyata Pernah Viral pada 2016

Kompas.tv - 19 Juli 2020, 19:29 WIB
fakta-palestina-dihapus-google-maps-dan-apple-maps-ternyata-pernah-viral-pada-2016
Tangkapan layar dari Google Maps. Wilayah negara Palestina yang dianggap batas-batas yang disengketakan ditandai dengan garis abu-abu putus-putus. (Sumber: Screenshot Google Maps)
Penulis : Fadhilah

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi Otoritas Palestina mengatakan bahwa Pemerintah Palestina sedang mencari alternatif untuk Google setelah adanya laporan yang mengklaim bahwa raksasa teknologi itu telah menghapus Palestina dari aplikasi peta (Google Maps).

Namun ternyata, klaim di media sosial yang telah memicu amarah internasional itu adalah kabar yang menyesatkan.

Baca Juga: Masjid Al Aqsa Di Tengah Pusaran Konflik Israel Palestina

Pasalnya, klaim yang viral di Instagram itu diunggah oleh akun @astagfirollah dan memicu kemarahan besar di dunia maya dengan seruan.

"Ini adalah tahun yang revolusioner, kami akan berjuang untuk perubahan yang dibutuhkan agar dapat membawa Palestina kembali ke peta," demikian dilansir The Jerusalem Post via Kompas.com.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Astagfirollah (@astagfirolah) on

Sebelumnya, pihak Google dan Apple dituduh telah menghapus label Palestina dari peta online mereka.

Kenyataannya, sedari awal kedua raksasa teknologi tersebut memang tidak pernah memberikan label Palestina pada peta online mereka sebagaimana dilansir The Independent pada Sabtu (18/7/2020).

Siapa pun yang mencari Palestina di Apple Maps mau pun di Google Maps, hanya akan muncul teritorial jalur Gaza dan Tepi Barat namun tidak akan muncul label Palestina.

Dilansir dari The Independent, tuduhan penghapusan Palestina dari peta online tersebut dilakukan pengguna Instagram @astagfirollah pada Rabu (15/7/2020).

Sejak saat itu, pembaruan informasi pada postingan tersebut selalu disematkan dan menyatakan informasi tersebut adalah informasi yang salah.

Baca Juga: Tolak Aneksasi Palestina Oleh Israel ! Tegas Menlu RI

Sudahh Dijelaskan Sejak 2016

Hilangnya label negara Palestina dari Google Map ternyata sudah dijelaskan Google sejak 2016 lalu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.