Kompas TV video tahu gak sih lo?

Ini Bahayanya Kalau Pakai Masker Nggak Benar!

Kompas.tv - 18 Juli 2020, 15:01 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sudah hampir 5 bulan lamanya pandemi virus Corona alias Covid-19 melanda, tapi ternyata masih banyak juga yang belum pakai masker dengan benar.

Tahu Nggak Sih Lo? Kalau kamu pakai masker nggak benar, kamu bisa kena bahayanya loh!

Sebelum menggunakan masker kita harus mencuci tangan terlebih dulu. Jangan menggunakan masker diturunkan ke bawah dagu. Menurunkan masker ke dagu justru dapat mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin menempel di dagu.

Lalu kalau dipakai lagi, mulut dan hidung bisa terpapar bakteri, virus atau kuman.

Sebaiknya kalau ingin makan dan minum lepas saja maskernya.

"Kita tidak menyadari bahwa menurunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin nempel di dagu. Sehingga, kalau kemudian kita  naikan lagi ke atas, itu tidak memberikan makna yang baik untuk kita. Oleh karena itu, kalau memang terpaksa harus melepas masker, lepas, jangan disangkutkan di dagu," ujar Jubir Pemerintah Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di BNPB pada 12 Juli 2020.

Lalu, jangan juga menggunakan masker hanya menutupi hidung. Pasalnya, kuman, virus dan bakteri tetap bisa masuk ke dalam tubuh kamu melalui hidung.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 66 persen kasus positif baru virus Corona di Jakarta adalah orang tanpa gejala (OTG), maka dari itu kita sebaiknya menggunakan masker dimanapun kamu berada.

Nggak perlu jadi superhero untuk berbuat kebaikan. Sebar kebaikan dengan menggunakan masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x