Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Ikan Koi Ditengah Pandemi Korona

Kompas.tv - 17 Juli 2020, 14:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL, KOMPAS.TV - Salah satu tempat budidaya ikan Koi ini terletak di Desa Kepandean, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Bisnis ikan Koi mulai banyak ditekuni masyarakat karena beberapa alasan, diantaranya peminat ikan Koi di Indonesia yang jumlahnya terus bertambah sehingga dari segi ekonomi cukup menguntungkan.

Namun demikian bukan berarti bisnis ini tidak pernah goyah. Saat awal pandemi Covid-19, usaha ini sempat terpuruk karena harganya merosot akibat sepi peminat. Beruntung kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Saat ini sejumlah tempat pembudidayaan ikan Koi mulai bangkit dan peminatnya terus bertambah.

Ditempat ini panen ikan Koi dilakukan setiap 6 bulan sekali. Pemilik pembudidayaan tak perlu repot mencari pembeli, karena setiap masa panen selalu ada pengepul yang datang. Tak hanya dari Tegal, tidak sedikit pembeli juga datang dari berbagai kota, seperti Pekalongan dan Blitar.

Harga ikan Koi ditempat budidaya ini bervariasi, mulai dari yang paling murah Rp 15.000 per ekor, sampai yang paling mahal Rp 300.000,- per ekor. Ikan Koi merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup digemari, karena memiliki corak warna yang indah, serta adanya mitos membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

#IkanKoi #Covid-19 #BudidayaIkan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x