Kompas TV travel jelajah indonesia

Menikmati Secuil Keindahan Indonesia

Kompas.tv - 17 Juli 2020, 14:01 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Keindahan budaya dan alam Indonesia memang tidak pernah habis untuk di jelajahi. Berikut beberapa daerah yang kami jelajahi. 

  1. Pulau Sugi

Pulau sugi yang berada di gugusan Kepulauan Riau, berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Batam. Pulau kecil yang memiliki keindahan tak kalah dengan Maldives. Untuk kemari kamu bisa melewati Batam dan di teruskan dengan menggunakan kapal melalui dermaga Pacung Sekupang, dan Pulau Sugi berjarak 2 jam dari dermaga ini.

Sesampainya di Pulau Sugi, satu-satunya tempat menginap adalah resort telunas. Resort yang di bangun di atas air ini mempunyai konsep yang seru diatas air. Dimana kamu bisa menikmati pantai telunas dari tempat tidur, cocok buat honeymoon. Mantab kaaan?

Nama telunas merupakan gabungan dari 2 kata yaitu Teluk dan Nus, yang berarti cumi-cumi.

Di Pulau Sugi ini banyak kekayaaan alam yang bisa di jelajahi, yaitu ada hutan mangrove dan ada air hitam. Untuk menuju ke air hitam kita harus melewati hutan mangrove, dan ini adalah hutan mangroove yang masih tersisa di pulau batam.

Hutan ini terancam punah, karena banyaknya industri rumahan pembuat arang dimana bahan bakunya menggunakan pohon bakau di hutan ini. Oleh karena itu, perlahan-lahan, hutan mangrove di batam ini berkurang.

Nah.. balik lagi ke air hitam tadi. Untuk sampai ke air hitam kita harus melewati hutan. 

Kira-kira butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai kesana. Air hitam adalah sebuah air terjun, tak terlalu besar memang, tapi mempunyai keunikan tersendiri. Air nya terlihat kekuningan karena mengandung mineral  yang berasal dari pepohonan.

Sedangkan kolam yang berwarna hitam ini, dikarenakan batu-batu yang sudah lama mengendap, sehingga jika dilihat dari atas  airnya tampak berwarna hitam.

Selain menjelajahi hutan, kamu juga bisa bersenang senang menikmati dinginnya air laut.

 

      2. Tanjung Bira

Jarak Makassar dan Tanjung Bira sekitar 200 km atau sekitar 5 jam perjalanan. Sebelum ke Tanjung Bira, sebaiknya kita mampir ke Kampung Ara, Kabupaten Bulukumba untuk melihat pembuatan kapal pinisi. Pinisi adalah kapal layar tradisional asli Indonesia yang berasal dari Suku Bugis Dan Suku Makassar Di Sulawesi Selatan.

Jadi sejarahnya begini teman jelajah.

Putra mahkota Kerajaan Luwu, Pangeran Sawerigading, adalah orang pertama yang membuat kapal pinisi. Kapal pinisi yang dibuat oleh Pangeran Sawerigading digunakan untuk pergi ke negeri tiongkok untuk menikahi Putri We Cudai.

Jadi tak heran kalau Suku Bugis dan Suku Makassar dikenal sebagai pelaut yang sangat hebat. Pembuatan kapal pinisi pun turun temurun diwariskan, sampai sekarang.

Setelah melihat pembuatan kapal pinisi, sekarang kita beralih ke pesona bawah lautnya. Konon katanya ketika kamu menyelam disini, kamu akan menemukan hiu disini.

Selain hiu, kamu juga bisa bertemu dengan ikan napoleon. Ikan napoleon adalah ikan yang sangat berjasa dalam membantu pemeliharaan pertumbuhan terumbu karang dengan mengunyah bintang laut berduri yang membantu mengurangi jumlah hama pemutihan karang.

Selanjutnya kita menuju ke gua ara, karena terletak di kampung ara. Gua ini adalah gua batu kapur yang kuat. Sehingga kamu bisa menjelajah sampai ke dalam atau bahkan kamu bisa berenang.

 

    3. Pulau Kepa

Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Alor, NTT menawarkan keindahan Indonesia Timur yang tiada dua. Provinsi Nusa Tenggara Timur sendiri terdiri dari beberapa pulau, dan ibu kota provinsi ini berada di Kupang.

Kupang berasal dari nama seorang raja yaitu Nai Kopan atau Lai Kopan yang memerintah Kota Kupang sebelum datangnya bangsa Portugis di Nusa Tenggara Timur.

Di sepanjang jalan di Kota Kupang, kamu bakal menemukan banyak banget pohon lontar. Pohon lontar ini sangat berarti bagi warga kupang. Batangnya bisa untuk bahan bangunan, daunnya bisa untuk atap rumah dan untuk alat musik juga lho, yang kita kenal dengan Sasando.

Alor mempunyai 8 pulau yang berpenghuni dan 6 pulau yang tidak berpenghuni, dan tujuan kita kali ini adalah ke Pulau Kepa.

Pulau Kepa merupakan sebuah pulau kecil di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur yang memiliki perairan laut biru jernih yang mempesona. Kalau kamu suka diving, kamu bisa langsung menuju ke Selat Pantar yang berlokasi di antara Pulau Alor dan Pulau Pantar.

Keindahan lautnya diakui dunia bahkan taman laut selat pantar disebut-sebut sebagai taman laut terindah nomor dua di dunia setelah taman laut karibia.

Selain Selat Pantar kamu juga bias menikmati kejernihhan air di Pulau Pura, airnya jernih banget. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.