Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Capaja Akmil Ikuti Pelantikan Secara Virtual

Kompas.tv - 16 Juli 2020, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 254 Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Militer, Magelang, Selasa siang mengikuti upacara Praspa atau pelantikan. Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pada upacara pelantikan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya pelantikan dilakukan di Jakarta, namun karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, pelantikan dilakukan secara virtual yakni dengan menggunakan video converence.

Selain Akademi Militer, pelantikan juga diikuti oleh taruna dari Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara serta Akademi Kepolisian. Sedangkan pelantikan di Istana Negara diwakilkan oleh lulusan terbaik masing-masing akademi. Usai dilantik, lulusan akademi TNI dan POLRI tahun 2020 tersebut selanjutnya menjadi Perwira Remaja dengan pangkat Letnan Dua.

Melalui video converence, Presiden mengingatkan kepada para perwira remaja untuk bersiap dalam menghadapi era modern saat ini, terutama dalam kemajuan teknologi. Para perwira remaja dituntut untuk bisa menguasai teknologi, karena saat ini teknologi berperan besar dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah teknologi dalam hal keamanan.

Menurut Gubernur Akmil, Mayjen TNI Dudung Abdurachman pelantikan virtual seperti ini baru pertama kali dilakukan. Biasanya pelantikan dilaksanakan secara bersama-sama dengan akademi lainnya di Jakarta.  

Upacara Prasetya Perwira Akmil juga diikuti oleh keluarga dari perwira remaja, mereka menyaksikan pelantikan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

#Akmil #Pelantikan #Perwira
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x