Kompas TV regional berita daerah

Wisata Kawah Gunung Ijen Dibuka dengan Konsep New Normal

Kompas.tv - 16 Juli 2020, 07:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Setelah ditutup selama 3 bulan, taman wisata alam Kawah Ijen, yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi Jawa Timur akhirnya dibuka kembali. Pembukaan dilakukan setelah dua pemerintah daerah tersebut mengevaluasi penerapan adaptasi kebiasaan baru.

Pembukaan taman wisata alam Kawah Ijen di Bondowoso dan Banyuwangi Jawa Timur dimulai sejak 12 Juli 2020. Pembukaan dilakukan secara resmi oleh 4 lembaga, yakni Badan Kordinasi Wilayah atau Bakorwil V Jawa Timur, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA, Pemerintah Daerah Bondowoso dan Banyuwangi.

Baca Juga: Penambang Hilang Terseret Gelombang Danau Kawah Ijen

Kepala Bakorwil V Pemprov Jawa Timur, Tjahjo Widodo mengatakan bahwa pembukaan dilakukan setelah mempertimbangkan dan mengevaluasi penerapan kebiasan baru oleh kedua pemerintah daerah, yakni Bondowoso dan Banyuwangi.

Para pengunjung yang akan mendaki puncak dan menikmati keindahan blue fire, wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, jaga jarak dan wajib membeli tiket secara online.

Pihak pengelola wisata juga membatasi jumlah pengunjung, yakni 225 orang perhari untuk menghindari kerumunan.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Konsep Pariwisata Normal Baru di Banyuwangi

Dibukanya taman wisata alam Kawah Ijen mendapat respon positif dari para pengunjung. Mereka mengaku senang, karena bisa kembali menikmati keindahan alam Kawah Ijen.

Taman wisata alam Kawah Ijen merupakan gunung berapi, yang terkenal dengan fenomena blue fire atau api biru. Fenomena tersebut hanya ada 2 di dunia, yaitu di Gunung Ijen Indonesia dan di Gunung Dallol Ethiopia.

 

#KawahIjen #NewNormal #Bondowoso #Banyuwangi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.