Kompas TV nasional politik

Pakar Hukum: Kalau Mau Bubarkan Lembaga Harus Dimulai dari Lingkungan Istana

Rabu, 15 Juli 2020 | 17:28 WIB
pakar-hukum-kalau-mau-bubarkan-lembaga-harus-dimulai-dari-lingkungan-istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/6/2020) (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPASTV – Keinginan Presiden Joko Widodo untuk merampingkan lembaga disambut baik. Namun alangkah baiknya Presiden Jokowi memulai perampingan lembaga tersebut dari lingkungan Istana.

Saran untuk membubarkan lembaga di lingkungan istana dilontarkan oleh Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun.

Menurut Refly ada sejumlah lembaga negara di Istana yang fungsi dan kedudukannya bertabrakan satu sama lain.

Baca Juga: Jokowi Pernah Bubarkan 23 Lembaga lalu 9 Dibentuk Baru, Ini Daftar Lengkapnya

Seperti Kantor Staf Presiden (KSP), Sekretariat Kabinet, dan Kementerian Sekretariat Negara. Ketiga lembaga tersebut berdiri atas Peraturan Presden yang dikeluarkan pada 2015.

"Kalau Presiden mau bicara efisiensi dan efektivitas lembaga, ya harus mulai dari diri sendiri, dari Istana," ujar Refly, Rabu (15/7/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Refly menilai, Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet bisa dilebur karena memiliki fungsi yang tumpang tindih.

Editor : Johannes Mangihot

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:09
PT ANGKASA PURA II: BANDARA SOEKARNO-HATTA AKAN MENGOPERASIKAN “HELIPORT” KOMERSIAL MULAI 23 AGUSTUS 2020   IMBAS PROYEK MRT FASE 2A RUTE BUNDARAN HI-KOTA, SEBANYAK 867 POHON DIGANTI DAN DIRELOKASI   TAHUN INI, SEBANYAK 117 ORANG LULUS SELEKSI ADMINISTRASI CALON HAKIM AGUNG DAN HAKIM AD HOC DI MAHKAMAH AGUNG   BMKG MEMPREDIKSI GELOMBANG DENGAN TINGGI 4-6 METER AKAN MELANDA PANTAI SELATAN YOGYAKARTA HARI INI   PEMERINTAH ALOKASIKAN RP 60 MILIAR UNTUK SANTUNAN BAGI TENAGA KESEHATAN YANG MENINGGAL DUNIA SAAT TANGANI COVID-19    KEJAGUNG DUGA JAKSA PINANGKI SIRNA MALASARI TERIMA UANG SUAP 500.000 DOLLAR AS ATAU SEKITAR RP 7 MILIAR   SEBANYAK 17 PEGAWAI POSITIF KORONA, DINAS ESDM JABAR BERLAKUKAN SISTEM BEKERJA DARI RUMAH ATAU “WORK FROM HOME”    HINGGA 12 AGUSTUS 2020, RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN TANGANI 1.245 PASIEN POSITIF KORONA   POLRI ANCAM COPOT KAPOLSEK, KAPOLRES, HINGGA KAPOLDA YANG TAK SERIUS DALAM PENCEGAHAN COVID-19    WAKIL KETUA DPR SUFMI DASCO AHMAD BERHARAP BANTUAN RP 28 TRILIUN BAGI UMKM BISA DORONG EKONOMI DI TENGAH PANDEMI    BIN TEGASKAN FOTO DI MEDIA SOSIAL YANG MENAMPILKAN JAKARTA SEBAGAI ZONA HITAM COVID-19 ADALAH HOAKS   SATGAS PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KEMATIAN AKIBAT KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 4,5 PERSEN & DUNIA 3,64 PERSEN   PAN AKAN MENGUSUNG PUTRA PRESIDEN JOKOWI, GIBRAN RAKABUMING, DAN PASANGANNYA TEGUH PRAKOSA PADA PILKADA SOLO 2020   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL