Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Demo Tolak TKA Asal Tiongkok

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 18:35 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam dalam Kesatuan Mahasiswa Muslim Indonesia atau KAMMI Gorontalo melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Saronde Kota Gorontalo pada selasa sore 14 juli 2020.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap 237 Tenaga Kerja Asing ( TKA ) asal Tiongkok yang rencananya akan didatangkan ke Gorontalo untuk bekerja di proyek PLTU yang berada di Kabupaten Gorontalo Utara.

Dengan mebentangkan sejumlah spanduk dan poster penolakan, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam kesatuan aksi mahasiswa atau KAMMI Gorontalo, berunjuk rasa di Bundaran Patung Saronde Kota Gorontalo.

Mahasiswa menilai, kedatangan tenaga kerja asing asal Tiongkok ini, dikhawatirkan  akan membawa masuk virus korona di Provinsi Gorontalo.

Baca Juga: Orang Tua Siswa Mulai Buru Perlengkapan Sekolah, Meski Sekolah Belum Berlakukan belajar tatap muka

Tak hanya itu, menurut koordinator aksi Rein Soleman, mendatangkan tenaga kerja asing oleh pihak perusahaan, merupakan bentuk diskriminasi terhadap tenaga kerja lokal Gorontalo, yang hingga kini banyak yang belum memperoleh pekerjaan.

Rencananya, ratusan tenaga kerja asal tiongkok ini, akan dipekerjakan di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ), yang berada di Desa Gentuma, Kabupaten Gorontalo Utara.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat oleh puluhan aparat Kepolisian Gorontalo Kota,  meski hanya terdiri dari puluhan orang, aksi ini unjuk rasa ini mengakibatkan arus lalulintas di Bundaran Patung Saronde sedikit terganggu.

 

#Tolak TKA Tiongkok  #Demo Mahasiswa #Gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.