Kompas TV regional berita daerah

KEMENHUB Kirim Kapal Bantu Pelayaran Antar Pulau

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 15:27 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV-Untuk menunjang perekonomian masyarakat yang berdomisili di pulau-pulau kecil wilayah Kota Sorong. Kementrian perhubungan memberikan bantuan kapal lewat kantor syabandar otoritas pelabuhan sorong. Kapal KM Gandha Nusantara akan melayani masyarakat yang berada di 3 pulau kecil wilayah Kota Sorong seperti Pulau Raam (Buaya), Pulau Tysof dan Pulau Yefman.

Usai meresmikan KM Gandha Nusantara 15 di Pelabuhan Usaha Mina Kota Sorong, Walikota, Lambert Jitmau mengatakan dengan kehadiran kapal ini dapat membantu menghubungkan antar pulau dan melakukam perubahan demi kemajuan kota kedepanya. Dimana masyarakat yang ada di pulau bisa membawa bahan jualannya ke Kota Sorong untuk di jual. Karena selain mengangkut penumpang kapal ini juga dapat mengangkat barang.

Kehadiran KM Gandha Nusantara 15 ini, diberharapkan tidak mematikan usaha para kapal lokal (tradisional) yang sudah melayani masyarakat sekian lamanya. Ia pun berharap agar kehadiran KM Gandha Nusantara 15 ini bisa memberikan manfaat.

Sementara Kepala KSOP Sorong, M. Takwim Masuhu, mengungkapkan KM Gandha ini direncanakan akan dioperasikan seminggu sekali secara gratis sambil menunggu persiapan penentuan Tarif dan trayek untuk kemudian diusulkan agar dioperasikan setiap harinya. KM Gandha Nusantara 15 bisa memuat 80 penumpang dan dapat menampung 10 ton barang. Kelebihan KM Gandha Nusantara 15 dengan kapal ASDP yakni KM Gandha ini tidak membutuhkan dermaga besar dan sangat cocok di pulau-pulau. 

#SorongPapuaBarat #TransportasiLaut #WalikotaSorong



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x