Kompas TV nasional indonesia update

Maung, Kendaraan Taktis 4x4 Garapan Pindad

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 15:23 WIB
maung-kendaraan-taktis-4x4-garapan-pindad
Maung, kendaraan taktis 4x4 garapan Pindad yang didukung pemerintah dalam upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri (Sumber: dok. Pindad)
Penulis : Agung Pribadi

Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia mencoba langsung performa "Maung," kendaraan taktis 4x4 terbaru milik PT Pindad (Persero) pada minggu, 12 Juli 2020 di Sirkuit Sentul, Bogor.

Melalui IG resminya Prabowo mengatakan,  "Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan, agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh." tulisnya.

Pernyataan Prabowo ini ditegaskan oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose yang mengaku akan memenuhi target pesanan pembelian dari Kementrian Pertahanan sebanyak 500 unit.

Dilansir dari kompas.com Abraham mengatakan, "Sepanjang tahun ini 500 unit kita akan coba buatkan, diharapkan bisa terpenuhi karena sekarang kita sedang fokus persiapan produksi dan pengadaan komponennya," ujar Abraham, Senin (13/7).

Sementara itu spesifikasi Rantis ringan yang memang khusus dirancang untuk kebutuhan manuver cepat saat penyergapan ini memiliki kecepatan 120km/jam, dengan transmisi manual 6 speed serta mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Maung juga dilengkapi tracker kendaraan dan perangkat GPS navigasi serta perlengkapan lainnya

Sedangkan untuk kisaran harga, rantis "Maung" satu unit lengkap dengan spesifikasi militer tersebut senilai Rp 600 jutaan. Rencananya setelah membuat Maung untuk kebutuhan militer, ke depannya Pindad juga akan membuat Maung versi sipil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.