Kompas TV video cerita indonesia

Mengoleksi Ikan Hias Bisa Membuat Jiwa Tenang

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 15:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memelihara atau mengoleksi ikan hias bisa jadi pilihan untuk memperindah suasana rumah. Tak hanya itu, hobi ini juga diyakini bisa membantu menenangkan pikiran menjadi lebih santai.

Memandang keindahahan ikan yang berenang dalam aquarium yang jernih, bisa menjadi satu cara alternatif menenangkan diri dan jiwa.

Ya, cara ini memang banyak digunakan orang untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam rumah bahkan diri sendiri.

Beragam ikan bisa jadi pilihan mulai dari yang harganya murah dikisaran puluhan ribu rupiah atau hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah seperti ikan arwana. Inilah yang dilakukan seorang warga di Banjarmasin Anang Misran.

Bertahun tahun sudah ia memelihara ikan hias, beragam jenis mulai lokal hingga impor atau ikan yang dipelihara bebas hingga ikan yang harus mempunyai izin.

Mengagumi keindahan ciptaan sang pencipta dan menenangkan pikiran dengan menikmati pemandangan indah, ikan-ikan ini menjadi alasannya menjadi kolektor berbagai ikan ini.

Mulai dari ikan arwana, louhan, ikan mas, juga ikan kelabau khas Banjarmasin yang sulit didapat kini.

memberi makan secara teratur dan menjaga kebersihan aquarium menjadi kunci agar ikan-ikan koleksinya terawat, begitupun dengan mengenali perilaku ikan, yang sehat atau sedang terganggu kesehatannya.

Kendati tak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan dan merawat ikan ikan hias ini, Anang mengaku tak berniat menjual ikan-ikan peliharaannya ini karena sudah sayang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x