Kompas TV bisnis kompas bisnis

Mengais Peluang Ekonomi, Menekan Risiko Usaha

Selasa, 14 Juli 2020 | 13:50 WIB

KOMPAS.TV - Survei dilaksanakan pada 28 April 2020 hingga 10 Mei 2020 dengan lebih dari 3.600 konsumen di 91 kota.

Hasil Survei McKinsey menunjukkan, pandemi telah mengubah rencana belanja konsumen di 3 negara yaitu China, India dan Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, anggaran belanja ritel, atau sederhananya kebutuhan rumah anjlok sampai 90 persen.

Bisa disimpulkan dari total dana yang disiapkan para ibu-ibu ini mungkin 90 persennya batal.

Apa saja belanja yang dibatalkan? Mulai dari elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan sampai perhiasan.

Survei itu juga menunjukkan pandemi berdampak pada pola pikir konsumen terhadap harga dan kualitas produk. Konsumen bakal lebih berhati-hati dengan pengeluaran yang tidak penting.

Banyak konsumen yang berekspektasi mengurangi pengeluaran tahun ini.

Hasil survei dunia usaha Bank Indonesia di Kuartal II tercatat turun akibat covid-19 khususnya di bidang industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran, sektor jasa-jasa. 

Hal tersebut berakibat pada rata-rata tingkat pembelian masyarakat yang menurun sejak pandemi covid dimulai sampai saat ini. 

Bagaimana pengaruh tingkat pembelian yang lemah ini terhadap dunia usaha di Indonesia?

Simak penjelasan selengkapnya bersama Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:40
WEBINAR "BAHASA & KALIMAT EFEKTIF" BERSAMA PENYELARAS BAHASA HARIAN KOMPAS DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   PEMAKAMAN PANGERAN PHILIP BERLANGSUNG SECARA SEREMONIAL DAN HANYA DIIKUTI OLEH 30 ORANG   PANGERAN PHILIP YANG WAFAT PADA 9 APRIL 2021 TELAH DIMAKAMKAN DI KAPEL ST GEORGE, ISTANA WINDSOR   FILIPINA MENYITA 200 TON CANGKANG KERANG RAKSASA SENILAI RP 363 MILIAR YANG DITANGKAP SECARA ILEGAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: TINGKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA PALING RENDAH DIBANDINGKAN NEGARA-NEGARA REGIONAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR MEMINTA GENERASI MILENIAL MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN DI INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI JUGA INGIN PEMBANGUNAN KOTA DAN PROVINSI DI INDONESIA PERLAHAN-LAHAN MENUJU KONSEP KOTA PINTAR   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP DESAIN KOTA PINTAR DI IBU KOTA NEGARA YANG BARU JADI RUJUKAN BAGI NEGARA LAIN DI DUNIA   PRESIDEN JOKOWI INGIN IBU KOTA NEGARA DI KALIMANTAN TIMUR MENERAPKAN KONSEP “SMART CITY” ATAU KOTA PINTAR   POLDA METRO JAYA AKAN LAKUKAN PENYEKATAN JALUR TIKUS YANG DIGUNAKAN PEMUDIK SEPEDA MOTOR DAN TRAVEL ILEGAL   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 31 TITIK POS PENGAMANAN SELAMA PERIODE LARANGAN MUDIK LEBARAN 6-17 MEI 2021   GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL SEBUT HASIL TES USAP NEGATIF SEUSAI ISTRI DINYATAKAN POSITIF COVID-19   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 70 PERSEN DARI PELAKU PAREKRAF DALAM 1 TAHUN   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.266 ORANG: 3.355 SEMBUH, 181 MENINGGAL DUNIA, DAN 730 DALAM PERAWATAN