Kompas TV regional berita daerah

Akses Putus, Bantuan untuk Terdampak Banjir di Kayan Hulu belum Tersalurkan

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 10:41 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

SINTANG, KOMPAS.TV - Banjir masih merendam sebagian besar wilayah Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat dengan ketinggian hinga 1 meter.

Baca Juga: Banjir Tinggi di Kayan Hulu Rendam Rumah Warga

Walaupun sudah berangsur surut, namun banjir yang sudah terjadi setidaknya empat hari terakhir ini, masih mengepung jalur transportasi menuju Kecamatan Kayan Hulu. Banjir disebabkan  banjir kiriman di wilayah Kayan Hilir.

Akibatnya, bantuan dari BPBD Kabupaten Sintang tersendat karena sulitnya akses transportasi mengingat debit air yang tinggi.

Tak hanya memutus jalur transportasi, banjir juga mengakibatkan akses komunikasi, listrik hingga pelayanan, lumpuh total.

Bahkan banyak warga tidak sempat menyelamatkan harta bendanya dari rendaman banjir ini.

Saat ini, sejumlah warga yang sebelumnya mengungsi ke rumah kerabat maupun posko penampungan, sudah mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan puing-puing banjir dan menyelamatkan barang yang masih bisa digunakan.

Untuk Kecamatan Kayan Hulu berdasarkan data, setidaknya 22 desa dari 31 desa terendam banjir, dengan lebih dari 4000  keluarga terdampak ini belum termasuk korban di wilayah Kecamatan Kayan Hilir yang juga terendam banjir.

Baca Juga: Warga dan Aparat bersama Perbaiki Jembatan Terdampak Banjir Bandang

Simak informasi lain dari Kabupaten Sintang dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Banjir #Sintang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x