Kompas TV regional berita daerah

Kreativitas Penyandang Disabilitas Di Dunia Tata Busana

Kompas.tv - 13 Juli 2020, 18:31 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV – Di tengah keterbatasan fisik yang dimiliki seorang pelaku UMKM di Kota Kediri masih memberikan kesempatan kepada sesama penyandang disabilitas untuk bekerja di tempat usahanya. Maskurun Yuyun namanya.

Sejak tahun 1997 lalu perempuan 47 tahun itu memberanikan diri untuk memperkerjakan para peyandang disabilitas. Sebagai seorang disabilitas Yuyun memiliki pengalaman pahit dalam hal mencari pekerjaan.

Hal itulah yang mendorong ibu 2 anak tersebut mengembangkan kemampuannya di bidang tata busana. Dan yang lebih mulia lagi dirinya mendidik para tuna rungu dan wicara di sekitar tempat tinggalnya, untuk bekerja di lokasi usahanya.

Kemauan yang tinggi serta besarnya kesabaran yang dimiliki membuat usaha Yuyun kini berkembang pesat. Usahanya kini mampu memberikan penghasilan kepada para peyandang disabilitas.

Di tengah pandemi corona seperti saat ini Yuyun terus berinovasi dengan membuat masker wajah transparan. Dalam sehari rata-rata mampu menghasilkan 20 masker dengan kualitas bagus dan terjual di seluruh Indonesia.

Maskurun Yuyun berharap dengan adanya usaha jahitnya ini dapat sedikit membantu perekonomian para disabilitas di lingkungan sekitarnya. Selain itu dengan memperkerjakan para tunarungu dan tunawicara, perempuan 47 tahun ini ingin menunjukan kepada masyarakat luas bahwa keterbatasan fisik bukan jadi penghalang untuk bekerja dan berkarya.

#Kediri #UMKM #Disabilitas #tatabusana #kreativitas #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x