Kompas TV regional kesehatan

25 Calon Dokter di Solo Positif Covid-19

Kompas.tv - 13 Juli 2020, 11:32 WIB
25-calon-dokter-di-solo-positif-covid-19
Penanganan Covid-19. (Sumber: Pixabay.com)

SOLO, KOMPAS.TV - Sebanyak 25 orang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, dinyatakan terinfeksi Covid-19. Para mahasiswa tersebut berasal dari Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UNS Solo Revianto mengatakan, para mahasiswa terpapar saat menempuh pendidikan dokter spesialis paru di RSUD Moewardi, Solo.

Penemuan puluhan mahasiswa yang terpapar Covid-19 bermula dari satu mahasiswa yang terkonfirmasi positif. Mahasiswa tersebut sedang menempuh pendidikan spesialis paru di RSUD Dr Moewardi, Solo.

Baca Juga: Lagi-Lagi, Seorang Dokter yang Bertugas di RSJ Menur Surabaya Meninggal Dunia karena Corona

Setelah dilakukan tracing terhadap para mahasiswa yang menempuh pendidikan yang sama di lokasi yang sama, didapati ada 25 mahasiswa dinyatakan positif.

"Ada 80 mahasiswa yang kita tracing. Mereka kita lakukan pemeriksaan swab," kata Revianto, seperti dikuti dari Kompas.com, Minggu (12/7/2020).

Kini 25 orang mahasiswa tersebut menjalani isolasi di Rumah Sakit UNS.

Baca Juga: Kasus Corona Meningkat, Presiden Jokowi: Tolong Betul-betul Jadi Perhatian

Terkait kondisi 25 orang mahasiswa yang terpapar Covid-19, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 UNS Solo Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, sebagian besar dikategorikan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

"Kondisi mahasiswa semuanya baik. Hampir semua tanpa gejala. Hanya ada satu dua yang gejala ringan," tuturnya.

Mengenai tracing hanya dilakukan di RS Moewardi saja, Tonang mengatakan, hal itu terkait dengan aktivitas sehari-hari para mahasiswa. Seperti diketahui, para mahasiswa sedang menempuh pendidikan spesialis di RS Moewardi.

Meski sudah menemukan 25 orang mahasiswa yang menempuh pendidikan di RS Moewardi terpapar positif Covid-19, Tonang tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x