Kompas TV regional berita daerah

Kampung Kumuh Disulap Jadi Asri, Aliran Sungainya Jadi Tempat Budidaya Ikan

Kompas.tv - 13 Juli 2020, 01:01 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Warga di Kota Probolinggo Jawa Timur menyulap kampung kumuh menjadi asri, salah satunya dengan menjadikan kali saluran sampah rumah tangga menjadi tempat budidaya ikan.

Kampung tersebut berada di Kampung Wirosecang RT 2, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan. Kampung yang dihuni 130 kepala keluarga kini nampak bersih dan asri.

Selain itu, sejumlah fasilitas penerapan protokol kesehatan juga tersedia, seperti tempat cuci tangan dan imbauan penggunaan masker.

Kampung, yang berada di sisi utara jalur pantura tersebut, dulu adalah kampung kumuh dan kotor. Sampah berserakan dan bau tidak sedap menguap dari sungai yang membelah kampung.

Namun pandemi Covid-19 merubah wajah kampung seketika. Semua berawal saat kampung tersebut dijadikan percontohan kampung tangguh semeru di Kota Probolinggo.

Warga kemudian tergugah untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Mereka bergotong royong memoles kampung. Sungai yang sebelumnya menjadi saluran pembuangan sampah rumah tangga disulap menjadi tempat budidaya ikan.

Jajaran Forkopimda mengapreasiasi kreatifitas warga dengan memberikan hadiah berupa 3 ribu bibit ikan nila untuk ditebar di sungai tersebut.

Kini Kampung Wirosecang siap menyambut adaptasi kebiasan baru di tengah pandemi Covid-19.

 

#KampungAsri #KampungTangguh #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.