Kompas TV nasional sosial

Masih Pandemi Covid-19, Tidak Ada Paskibraka 2020

Minggu, 12 Juli 2020 | 14:21 WIB
masih-pandemi-covid-19-tidak-ada-paskibraka-2020
Perayaan HUT RI tahun ini bakal berbeda, digelar secara virtual (Sumber: AFP/ADEK BERRY)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istana Kepresidenan memutuskan tidak akan menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020. Pasalnya, pada tahun ini pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 akan dilakukan secara berbeda.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan, berkenaan masih terjadinya pandemi Covid-19 membuat Istana Kepresidenan tidak melakukan seleksi tersebut.

"Pengibar bendera diputuskan tahun ini tidak ada Paskibraka. Jadi dipilih dari Paskibraka 2019. Jadi sudah ada datanya di Gartap (Garnisun Tetap) seperti yang disampaikan Mensesneg dan Kasetpres," kata Bey, Minggu  (12/7/2020).

Baca Juga: HUT ke-75 RI di Istana, Hanya 3 Orang Tim Cadangan Paskibraka Tahun Lalu yang Bertugas

Selain itu, ketiadaan seleksi Paskibraka 2020 juga disebabkan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 akan dilakukan dengan jumlah seminimal mungkin dengan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga jumlah Paskibraka berbeda dengan di tahun sebelumnya.

"Tahun ini hanya ada delapan pengibar. Yaitu setiap penaikan dan penurunan, tiga orang. Dua laki-laki, satu perempuan. Jadi total yang disiapkan total lima laki-laki, tiga perempuan," papar Bey.

Bukan hanya pasukan pengibar bendera, minimalisasi juga terjadi pada peserta upacara. Menurut Bey, peserta upacara hanya dari TNI dan Polri. Masing-masing angkatan mengirimkan lima orang wakilnya, sehingga total menjadi 20 orang.

Editor : Hariyanto Kurniawan

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:07
KUASA HUKUM SUGI NUR RAHARDJA BERENCANA AJUKAN PENANGGUHAN KLIENNYA KE POLISI   BOM BUNUH DIRI DI SEBUAH PUSAT PENDIDIKAN DI IBU KOTA AFGHANISTAN, KABUL, MENEWASKAN 24 REMAJA   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH DAN ANGGOTA KERAJAAN BAHAS PERMINTAAN PM MUHYIDDIN YASSIN   POLRES METRO JAKBAR SITA SENJATA TAJAM SEBAGAI BARANG BUKTI 13 ORANG YANG DITANGKAP KARENA TAWURAN DI GREEN GARDEN   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 13 PEMUDA YANG TAWURAN DI JALAN PANJANG GREEN GARDEN, KEBUN JERUK   KETUA TAGANA PANGANDARAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN BELASAN RUMAH RUSAK PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,9   DIRLANTAS POLDA LAMPUNG MENGATAKAN DARI 17 AREA ISTIRAHAT DI TOL TRANS-LAMPUNG HANYA 9 YANG BEROPERASI   ANTREAN PADAT, PT KAI DAOP 1 JAKARTA IMBAU CALON PENUMPANG KERETA TIDAK TES CEPAT COVID-19 DI STASIUN KEBERANGKATAN   KAHUMAS PT KAI DAOP 1 JAKARTA SEBUT LONJAKAN PESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH KEBERANGKATAN 27-28 OKTOBER MENINGKAT   KPU KABUPATEN SEMARANG SEBUT DEBAT TERBUKA PASLON CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DILAKSANAKAN PADA 10 NOVEMBER 2020   KEMENKES PERIKSA 33.797 SPESIMEN KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19: TAMBAH 94, PASIEN KORONA MENINGGAL MENCAPAI 13.299   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT 4.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DARI VIRUS KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT ADA 3.732 KASUS BARU KORONA PADA 25 OKTOBER 2020