Kompas TV feature news or hoax

Kegiatan Outdoor Sesuai Protokol - NEWS OR HOAX (Bag2)

Minggu, 12 Juli 2020 | 01:01 WIB

Selama masa pembatasan sosial berskala besar atau psbb berlangsung, minat warga di kota-kota besar terhadap kegiatan bersepeda pun meningkat. Pedagang pun merasakan dampak dari meningkatnya tren olahraga ini. Di sejumlah daerah, omzet dari penjualan sepeda dirasakan naik 50 hingga 200 persen.

Meningkatnya minat terhadap kegiatan bersepeda bermula dari alternatif kendaraan bagi masyarakat selain kendaraan umum selama masa pandemi covid-19.  Selain sebagai alat transportasi alternatif,  bersepeda juga bisa menjadi opsi untuk tetap menjaga kebugaran dengan risiko penyebaran virus yang terbilang rendah.

Antusiasme warga dalam bersepeda bisa terlihat saat pembukaan car free day di jakarta pada 21 juni lalu. Karena, untuk pertama kalinya sejak pandemi korona melanda, pemprov DKI Jakarta  kembali membuka kegiatan hari bebas kendaraan bermotor tersebut di kawasan Sudirman- Thamrin.

Kabar ini tentunya menjadi angin sejuk bagi para warga DKI yang sudah melakukan karantina mandiri di rumah selama kurang lebih tiga bulan sejak maret lalu.

Dalam kegiatan car free day atau CFD ini, warga yang bersepeda terlihat memenuhi jalanan.  Namun, masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, juga berpotensi menimbulkan satu masalah baru, yaitu adanya risiko pelanggaran dalam menjaga jarak di tengah kepadatan para peserta CFD.

Untuk menghindari penumpukan setelah mendapat kritik dari sejumlah kalangan, cfd di kawasan sudirman-thamrin dihentikan oleh pemprov dki jakarta.  Sebagai gantinya, disediakan 32 titik lokasi car free day yang tersebar di ibu kota pada 28 Juni atau tepat seminggu setelah pembukaan car free day hari pertama di masa pandemi. 

Alasan penyebaran 32 titik CFD ini disinyalir karena adanya potensi munculnya klaster penyebaran virus korona baru di saat belum meredanya pandemi.

#NewsOrHoax #KegiatanOutdoor #CarFreeDay

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:30
PEMERINTAH ARAB SAUDI MEMBERI HADIAH UMAT ISLAM INDONESIA BERUPA 3.000 PAKET BAHAN POKOK DAN 15 TON KURMA   DUBES ARAB SAUDI UNTUK INDONESIA ESAM ABID ALTAGHAFI OPTIMISTIS IBADAH HAJI AKAN DISELENGGARAKAN TAHUN INI   PENGAMAT TATA KELOLA PANGAN LELY SOEBEKTI MINTA PEMERINTAH EVALUASI ATURAN PENGGANTIAN DIREKSI BUMN   KEMENPERIN AKAN PERIKSA KELANGKAAN GULA UNTUK BAHAN BAKU INDUSTRI DI JAWA TIMUR YANG DIKELUHKAN UMKM   KPK LIMPAHKAN BERKAS KASUS DUGAAN KORUPSI PROYEK DI BAKAMLA KE PENGADILAN   FRAKSI PAN DPRD DKI MENILAI PENATAAN ULANG BALAI KOTA DKI PEMBOROSAN ANGGARAN   PEMKOT BOGOR WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SELAMA BULAN RAMADAN TAHUN INI   KEPALA BAPPENAS SUHARSO MONOARFA: PEMERINTAH TERBUKA PADA SEMUA USULAN PEMBANGUNAN IBU KOTA BARU   KASUS COVID-19 MASIH TINGGI, MENKES MALAYSIA MINTA RENCANA PULANG KE KAMPUNG HALAMAN SAAT LEBARAN DITUNDA   BATAL GUNAKAN VAKSIN ASTRAZENECA, PEMERINTAH DENMARK AKAN SUMBANGKAN STOKNYA   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO PASTIKAN POS PENYEKATAN BAGI PEMUDIK DI JALUR SELATAN JAWA BARAT SUDAH SIAP   SATGAS COVID-19 MEMPREDIKSI VAKSIN SINOVAC AKAN MENDAPAT SERTIFIKASI WHO PADA AKHIR MEI 2021   SEBANYAK 800 PERSONEL POLISI DISEBAR AWASI TEMPAT NGABUBURIT DAN PENJUALAN TAKJIL DI BOGOR SELAMA BULAN RAMADAN   SATGAS NEMANGKAWI TNI-POLRI BERHASIL AMANKAN WILAYAH BEOGA DI KABUPATEN PUNCAK, PAPUA, SITUASI BERANGSUR KONDUSIF