Kompas TV nasional kesehatan

Instruksi Menhan Prabowo, Seluruh Prajurit TNI Swab Test

Kompas.tv - 11 Juli 2020, 19:44 WIB
instruksi-menhan-prabowo-seluruh-prajurit-tni-swab-test
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mendampingi Menhan Prabowo Subianto saat kunker ke Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020). (Sumber: Dok. TNI AD)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Buntut dari terinfeksinya prajurit TNI di Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa TNI AD) Bandung dan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi, membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengeluarkan instruksi.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengeluarkan instruksi agar seluruh prajurit TNI melakukan swab test.

Seperti diketahui, sekitar 1.200 orang di Secapa TNI AD dan 99 orang di Pusdikpom Cimahi terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: KSAD Jenderal Andika: 1.280 Orang Positif Covid-19 di Secapa AD

Instruksi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu dibenarkan oleh Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada Kompas TV, Sabtu (11/7/2020).

"Menteri Pertahanan memang meminta kepada seluruh jajaran TNI untuk melakukan tes swab," katanya.

Instruksi ini bukan tanpa alasan, karena selama ini prajurit TNI berada di garda terdepan membantu petugas kepolisian dalam menangani ketertiban dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

Baca Juga: Duet Jokowi-Prabowo Atasi Ancaman Krisis, Proyek Lumbungan Pangan Nasional Dikebut

Selain itu banyak prajurit TNI yang bertugas di rumah sakit, seperti di Wisma Atlet atau rumah sakit TNI di seluruh Indonesia untuk membantu penanganan Covid-19.

"Nah karena itu perlu dilakukan tes swab secara rutin dalam waktu tertentu untuk memastikan yang bertugas di lapangan sehat dan tidak terjangkit Covid-19," jelas Dahnil.

Menurutnya, prajurit yang bertugas di lapangan atau yang berada di perbatasan memerlukan kondisi yang sangat prima. "Oleh karena itu Menhan minta dan akan menyediakan tes swab yang lebih massif untuk prajurit TNI di seluruh Indonesia," tutup Dahnil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x