Kompas TV nasional kesehatan

Pedagang Terinfeksi Covid-19, Pasar Sunter Podomoro Ditutup

Kompas.tv - 11 Juli 2020, 15:31 WIB
pedagang-terinfeksi-covid-19-pasar-sunter-podomoro-ditutup
Satu pedagang positif Covid-19, Pasar Sunter Podomoro ditutup. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selepas temuan satu pedagang terinfeksi Covid-19, aktivitas Pasar Sunter Podomoro ditutup selama tiga hari. Pagi tadi pengelola melakukan tindakan sterilisasi berupa penyemprotan dan pengasapan.

"Selama tiga hari penutupan ini penyemprotan disinfektan. Mungkin nanti kita akan laksanakan lagi dua minggu. Kemudian bakal kita semprot lagi dengan rutin biar pedagang juga nyaman berjualannya, tenteram bebas dari virus," kata Kepala Pasar Sunter Podomoro Asep Nawawi di lokasi, Sunter Agung, Jakarta Utara, Sabtu (11/7/2020).

Penyemprotan disinfektan pagi tadi dilakukan oleh Sudin Damkar Jakarta Utara. Selain penyemprotan disinfektan yang akan dilakukan secara rutin, Pasar Sunter Podomoro yang mendapatkan pengasapan. Hal ini untuk mengantisipasi merebaknya wabah demam berdarah.

Sejauh ini tidak ada pedagang yang menolak penutupan pasar sejak kemarin hingga Senin 13 Juli 2020 mendatang. Menurut Asep, sebelum melakukan penutupan pihaknya telah melakukan pendekatan secara persuasif.

"Kami, bersama perwakilan pedagang, Pak Lurah dan Babinsa, musyawarah bareng. Semuanya sudah kita persuasi, kepada pedagang dan ke pihak lingkungan RT/RW, serta kelurahan," papar Asep.

Untuk pembukaan pada hari Senin 13 Juli mendatang, pengelola akan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi. Setidaknya pengunjung pasar tidak melebihi 50 persen dari jumlah pedagang yang ada.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x