Kompas TV nasional peristiwa

Mobil Dinas Ma'ruf Amin Isi Bensin dari Jeriken di Pinggir Jalan Saat Kunjungan Kerja ke Sukabumi

Kompas.tv - 11 Juli 2020, 13:09 WIB
mobil-dinas-ma-ruf-amin-isi-bensin-dari-jeriken-di-pinggir-jalan-saat-kunjungan-kerja-ke-sukabumi
Paspampres mengisi bensin mobil Wapres dengan jeriken di Sukabumi, 8 Juli 2020. (Sumber: Sekretariat Wakil Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro

SUKABUMI, KOMPAS TV - Sebuah video menampilkan mobil berpelat nomor Indonesia 2 yang biasa ditumpangi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengisi bahan bakar di pinggir jalan.

Dalam video berdurasi 8 detik tersebut, mobil berwarna hitam itu tampak sedang mengisi bensin dari jeriken yang dijajakan di pinggir jalan.

Video ini dibagikan oleh seorang warganet di Twitter @wawat_kurniawan pada Jumat (10/7). Juga tersebar di aplikasi perpesanan Whatsapp.

Baca Juga: Jelang Tahun Ajaran Baru, Wapres Ma'ruf Amin Akan Tinjau Kesiapan Sekolah

"Mobil presiden kehabisan BBM???," tulis akun @wawat_kurniawan yang dikutip pada Sabtu (11/7).

Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar, membenarkan kejadian yang terekam dalam video tersebut. Ia menjelaskan, peristiwa ini terjadi saat Ma'ruf Amin melaksanakan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (8/7/2020).

Dalam keterangannya, disebutkan mobil yang sedang diisi bensinnya adalah kendaraan VVIP cadangan.

Baca Juga: Berikut Pidato Ma'ruf Amin pada Peringatan Hari Anti Narkoba

"Rekaman peristiwa yang beredar tersebut merupakan mobil dinas yang berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," kata Oemar.

Oemar menjelaskan, mobil kepresidenan tersebut terpaksa harus diisi BBM dari jeriken di pinghir jalan karena rombongan tak menemukan SPBU selama perjalanan.

Adapun bahan bakar yang berada dalam jeriken itu juga bukan beli dari pinggir jalan. Tetapi, memang berasal dari BBM cadangan yang disiapkan di mobil teknisi.

Baca Juga: Boleh Dibuka, Ma'ruf Amin: Sekolah Asrama Lebih Aman Corona Dibanding Non Asrama

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP, dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," ujar Oemar.

Oemar menambahkan, memang setiap rangkaian rombongan VVIP biasanya sudah disiapkan BBM cadangan di mobil teknisi. Jika suatu saat diperlukan seperti kehabisan bensin, maka yang cadangan telah siap untuk digunakan.

Namun, Oemar tak merinci jenis BBM apa yang dimaksud dan sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP tersebut.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Buka Wacana Masuk Sekolah Bisa Dilakukan di Kawasan Zona Hijau

"Memang dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken. BBM tersebut pun dibawa oleh mobil teknisi," kata Oemar.

"Jadi, jika suatu saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan." 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x