Kompas TV internasional kompas dunia

Wow! Kekayaan Elon Musk Meroket Rp 86,4 Triliun dalam Sehari

Kompas.tv - 11 Juli 2020, 13:32 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahu dong siapa Elon Musk? Elon Musk adalah CEO perusahaan otomotif elektrik Amerika Serikat, Tesla, serta founder Space-X.

Bloomberg baru saja merilis jumlah kekayaan pengusaha muda dunia tersebut. Kekayaan Elon Musk disebut menyalip investor kawakan Warren Buffett dalam indeks Bloomberg Billionaires dan menjadi orang terkaya ketujuh di dunia.

Kekayaan Musk melonjak lebih dari 6 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 86,4 triliun (kurs Rp 14.410 per dollar AS) pada Jumat (10/7/2020).

Ini terjadi setelah saham Tesla meroket 10,8 persen ke rekor level 1.544 dollar AS per saham. Musk sendiri memiliki 20,8 persen saham Tesla.

Dengan kinerja saham Tesla yang cemerlang itu, maka nilai kepemilikan saham Musk mencapai hampir 60 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 864,2 triliun.

Adapun kekayaan Warren Buffett anjlok secara signifikan pada pekan ini setelah ia mendonasikan saham Berkshire Hathaway yang dimilikinya, senilai hampir 3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 43,2 triliun untuk kegiatan amal.

Buffett sendiri sudah berencana menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan amal. Dalam setahun terakhir, saham Tesla melonjak lebih dari 500 persen. Angka ini melampaui hampir semua perusahaan dalam indeks saham S&P 500.

Produsen mobil listrik tersebut saat ini merupakan perusahaan otomotif paling bernilai di muka bumi. Musk, 49 tahun, pun diyakini bisa menjadi orang terkaya di dunia berdasarkan paket gaji yang telah disetujui pemegang saham Tesla pada 2018.

Pada akhir Mei 2020, Tesla memberikan opsi saham senilai 1,8 miliar dollar AS kepada Musk. Hal yang sama baru saja diberikan kepada bapak 7 anak tersebut, kedua kalinya dalam dua bulan.

Paket gaji Musk diketahui dapat memberikannya opsi saham Tesla sebanyak 20,3 juta dalam waktu 10 tahun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x