Kompas TV nasional peristiwa

Usai Ada Ledakan Kasus Covid-19 di Secapa, Prabowo Minta Seluruh Anggota TNI Tes Swab

Kompas.tv - 10 Juli 2020, 21:32 WIB
usai-ada-ledakan-kasus-covid-19-di-secapa-prabowo-minta-seluruh-anggota-tni-tes-swab
Menhan Prabowo Subianto KSAD didampingi Jenderal TNI Andika Perkasa saat kunker ke Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020). (Sumber: Dok. TNI AD)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, meminta seluruh anggota TNI menjalani tes swab untuk memastikan terinfeksi atau tidaknya dengan virus corona atau Covid-19.

Permintaan Prabowo Subianto itu didasari setelah ditemukannya kluster baru penyebaran Covid-19 di Sekolah Calon Perwira atau Secapa TNI AD di Bandung, Jawa Barat. 

"Pak Prabowo meminta ada test swap massal memang kepada seluruh Prajurit TNI,” demikian diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Dahnil Anzar Simanjuntak, pada Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: 1.262 Positif di Tes Swab, Secapa AD Jadi Klaster Corona

Dahnil menjelaskan, permintaan Prabowo tersebut dilakukan agar seluruh anggota TNI siap sedia menjalankan tugas. 

“Terlebih, saat ini TNI menjadi salah satu ujung tombak penanganan Covid-19 di lapangan," ujar Dahnil.

Dahnil menambahkanm, test swab sebenarnya sudah dilakukan di lingkungan TNI. Namun, kata Dahnil, prabowo menilai harus diperluas lagi.

"Beberapa kali sudah dilakukan d ibeberapa unit dan kesatuan, beliau minta bisa dilakukan secara berkesinambungan dan lebih luas," ujar Dahnil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bantah Klaster Secapa AD Berjumlah 2.000

Menurut Dahnil, tes swab sangat penting karena banyak Prajurit TNI yang membantu penanganan Covid-19 secara langsung.

"Karena prajurit TNI banyak turun terlibat langsung dalam penanganan Covid 19, termasuk yang di Wisma Atlet dan dibanyak tempat lainnya," ujarnya.

Seperti diketahui, Secapa TNI AD di Bandung, Jawa Barat, menjadi kluster baru penyebaran Covid-19. Penyebarannya berawal pada 21 Juni 2020 saat sejumlah siswa melaksanakan pesiar (libur). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.