Kompas TV bisnis kompas bisnis

Menggairahkan "Wisata Lidah", Membumbui Dunia

Jumat, 10 Juli 2020 | 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wisata selama ini jadi salah satu yang diunggulkan pemerintah, salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Tapi corona menginveksi semua sektor, termasuk wisata.

Padahal wisata punya efek berganda untuk ekonomi Indonesia. Mulai dari penyerapan tenaga kerja, hingga mendatangkan devisa untuk negara, kini wisata lumpuh.

Semenjak pandemi corona menyebar di seluruh dunia, wisatawan mancanegara di Indonesia anjlok. Pintu masuk 3 bandara, mulai dari Ngurah Rai, Soekarno Hatta dan Juanda juga turun drastis.

Padahal 3 bandara ini adalah pintu masuk wisatawan mancanegara terbanyak di seluruh Indonesia. Wisata lumpuh sudah pasti akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Ekspert Kuliner, William Wongso, yang baru saja memasak rendang bersama dengan Chef Internasional Gordon Ramsay berbincang di Kompas Bisnis soal meningkatkan “Wisata Lidah” Indonesia.

Baca Juga: Gordon Ramsay Bersyukur Jadi Murid William Wongso saat Belajar Masak Rendang

Banyak sekali PR yang harus dilakukan agar kekayaan kuliner Indonesia bisa mendunia. Selama ini Indonesia masih kalah jauh dari Vietnam, Thailand, bahkan Malaysia.

Makanan dari ketiga negara tersebut sangat mudah dicari di luar negeri, karena komunitas masyarakat mereka yang kuat dan banyak bermigrasi.

Sementara Indonesia tak bisa mengikuti sistem yang dilakukan Vietnam dan Thailand karena tak banyak masyrakat indonesia yang tinggal di luar negeri. Maka caranya adalah dengan membumbui dunia lewat ekspor rempah.

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:53
PEMERINTAH MENYAMPAIKAN BELASUNGKAWA ATAS PERISTIWA LEDAKAN BESAR DI BEIRUT, LEBANON   KEMLU RI: SEORANG WARGA INDONESIA YANG TERLUKA AKIBAT LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON, DALAM KONDISI STABIL   KEMLU RI SEBUT SEORANG WARGA INDONESIA JADI KORBAN LUKA AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PM LEBANON HASSAN DIAB: LEDAKAN DIDUGA BERASAL DARI 2.750 TON PUPUK AMONIUM NITRAT SITAAN   SEKITAR 78 ORANG TEWAS DAN LEBIH DARI 4.000 ORANG TERLUKA AKIBAT LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   PAGI INI, GURU BESAR FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UGM CORNELIS LAY MENINGGAL DUNIA DALAM USIA 61 TAHUN   KOTA MEDAN, KABUPATEN DELISERDANG, DAN KOTA BINJAI JADI PENYUMBANG TERBESAR KASUS COVID-19 DI SUMUT   DEWAN PENDIDIKAN KOTA BEKASI MINTA WARGA SALING BERBAGI WIFI ATAU KUOTA INTERNET AGAR SISWA BISA BELAJAR DARING   MENDAGRI TITO KARNAVIAN DORONG KEPALA DAERAH MEMBUAT PERDA WAJIB PENGGUNAAN MASKER BAGI MASYARAKAT   MENTERI BUMN ERICK THOHIR PASTIKAN VAKSIN COVID-19 YANG AKAN DIPRODUKSI BIO FARMA GUNAKAN BAHAN BAKU YANG HALAL   PERKANTORAN JADI KLASTER COVID-19, MENAKER IDA FAUZIYAH MINTA PEKERJA TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT   ALAMSYAH SEBUT PENAMBAHAN 43 KASUS BARU KORONA BERASAL DARI WARGA BEKASI YANG BEKERJA DI JAKARTA   JUBIR SATGAS COVID-19 KABUPATEN BEKASI ALAMSYAH: ADA 43 KASUS KORONA BARU DALAM EMPAT HARI TERAKHIR   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA 2020 TETAP TINGGI MESKI DI TENGAH PANDEMI KORONA