Kompas TV bisnis kompas bisnis

Menggairahkan "Wisata Lidah", Membumbui Dunia

Jumat, 10 Juli 2020 | 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wisata selama ini jadi salah satu yang diunggulkan pemerintah, salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Tapi corona menginveksi semua sektor, termasuk wisata.

Padahal wisata punya efek berganda untuk ekonomi Indonesia. Mulai dari penyerapan tenaga kerja, hingga mendatangkan devisa untuk negara, kini wisata lumpuh.

Semenjak pandemi corona menyebar di seluruh dunia, wisatawan mancanegara di Indonesia anjlok. Pintu masuk 3 bandara, mulai dari Ngurah Rai, Soekarno Hatta dan Juanda juga turun drastis.

Padahal 3 bandara ini adalah pintu masuk wisatawan mancanegara terbanyak di seluruh Indonesia. Wisata lumpuh sudah pasti akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Ekspert Kuliner, William Wongso, yang baru saja memasak rendang bersama dengan Chef Internasional Gordon Ramsay berbincang di Kompas Bisnis soal meningkatkan “Wisata Lidah” Indonesia.

Baca Juga: Gordon Ramsay Bersyukur Jadi Murid William Wongso saat Belajar Masak Rendang

Banyak sekali PR yang harus dilakukan agar kekayaan kuliner Indonesia bisa mendunia. Selama ini Indonesia masih kalah jauh dari Vietnam, Thailand, bahkan Malaysia.

Makanan dari ketiga negara tersebut sangat mudah dicari di luar negeri, karena komunitas masyarakat mereka yang kuat dan banyak bermigrasi.

Sementara Indonesia tak bisa mengikuti sistem yang dilakukan Vietnam dan Thailand karena tak banyak masyrakat indonesia yang tinggal di luar negeri. Maka caranya adalah dengan membumbui dunia lewat ekspor rempah.

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:01
PEMPROV RIAU CABUT STATUS SIAGA DARURAT KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN YANG BERLANGSUNG SELAMA 9 BULAN    MENTERI LHK SITI NURBAYA APRESIASI SATGAS KARHUTLA YANG BERHASIL MENEKAN ANGKA KEBAKARAN SAAT PANDEMI COVID-19   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA IMBAU LANSIA DAN PEMILIK PENYAKIT KOMORBID DI RUMAH SAJA SAAT LIBUR PANJANG   MAJELIS HAKIM TOLAK EKSEPSI TERDAKWA DJOKO TJANDRA DALAM KASUS SURAT JALAN PALSU   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI IMBAU WARGANYA TIDAK BEPERGIAN KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   HARI INI, PT KAI MEMBERANGKATKAN 9.374 PENUMPANG DARI STASIUN GAMBIR, STASIUN PASAR SENEN, DAN STASIUN JAKARTA KOTA   KPK MINTA PIHAK ISTANA LAPORKAN PENERIMAAN GRATIFIKASI SEPEDA LIPAT JIKA ITU DITUJUKAN KE PRESIDEN JOKOWI   ANTISIPASI LA NINA DI INDONESIA, WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO IMBAU WARGANYA TIDAK BERTEDUH DI BAWAH POHON TUA   LUNCURKAN E-VISA, MENKUMHAM YASONNA LAOLY: INDONESIA SIAP JADI TUJUAN INVESTASI   KEMENKUMHAM LUNCURKAN APLIKASI VISA "ONLINE" ATAU E-VISA BAGI WARGA NEGARA ASING YANG HENDAK MASUK KE INDONESIA   JELANG LIBUR PANJANG, JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 IMBAU MASYARAKAT BERAKTIVITAS DI RUMAH    HINGGA 27 OKTOBER 2020, PEMERINTAH PERIKSA 4.388.995 SPESIMEN COVID-19   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 4.576 PASIEN KORONA SEMBUH DAN 101 ORANG MENINGGAL PADA 27 OKTOBER 2020   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 3.520 KASUS BARU COVID-19 HARI INI