Kompas TV entertainment lifestyle

Ancaman Corona di Udara Lewat Micro Droplet, Cukupkah Masker Kain? Ini Kata Dokter

Jumat, 10 Juli 2020 | 11:24 WIB
ancaman-corona-di-udara-lewat-micro-droplet-cukupkah-masker-kain-ini-kata-dokter
Ilustrasi ancaman virus corona dengan mikro droplet (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto sesaat sebelum menutup konferensi pers data terkini penanganan Covid-19, Kamis (9/7/2020) kemarin menegaskan adanya ancaman penularan virus corona soal dengan micro droplet.

Achmad Yurianto menegaskan kembali protokol kesehatan yang perlu diterapkan masyarakat untuk menghindari penularan virus corona.

Ditegaskannya, penularan Covid-19 disebabkan dari air liur atau droplet orang yang sudah terkena Covid-19 sebelumnya. Diketahui, terdapat droplet berukuran kecil yang disebut micro droplet.

"Maka micro droplet ini akan melayang-layang dalam waktu yang relatif lama, terutama dalam ruangan tertutup dengan ventilasi yang cukup baik," kata Yuri.

Namun penyampaian terkait mikro droplet kembali menimbulkan kontroversi dan berpotensi banyaknya orang yang salah tafsir,

Dokter spesialis paru dr. Erlang Samoedro, Sp.P. menjelaskan apa yang harus diwaspadai terkait mikro droplet.

"Micro droplet itu berarti kalo droplet kan ukuranya 5 micron, kalau micro droplet lebih kecil dari 5 micron. Nah karena lebih kecil lagi, maka lebih ringan dan bisa melayang di udara. Inilah yang jadi masalah bila ada diruangan tertutup karena bisa menyebar jauh dan bertahan di ruangan tertutup lebih lama. Kalau di udara terbuka virus mati terkena sinar matahari," tukasnya kepada KompasTV, melalui pesan singkat Whatsapp, Jumat (10/7/2020).

Editor : Ade Indra Kusuma

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Perempuan Dan Rempah Sumsel

Kamis, 29 Oktober 2020 | 02:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:00
PERINGATI SUMPAH PEMUDA, MENKEU SRI MULYANI MINTA GENERASI MUDA BAHU-MEMBAHU BANGUN BANGSA   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI BERHARAP PEMUDA PERERAT KEBERSAMAAN DAN LAWAN KEMISKINAN   WALI KOTA BOGOR MINTA ASN YANG KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG LAKUKAN TES USAP DAN KARANTINA MANDIRI   BPOM PASTIKAN VAKSIN COVID-19 AMAN SEBELUM BERI IZIN EDAR   KLHK: PENATAAN SARANA DAN PRASARANA WISATA DI PULAU RINCA TETAP PATUHI KAIDAH KONSERVASI   KPAI MINTA DISDIK TINDAK TEGAS GURU DI DKI JAKARTA YANG AJAK SISWA PILIH KETUA OSIS SEAGAMA   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI MENGAKU KESAL ISU PKI DIGUNAKAN UNTUK MEMBOHONGI RAKYAT   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI: ZAMAN GINI MASIH NGOMONGIN PKI, BUKTIKAN DONG   POLRI IMBAU MASYARAKAT TETAP DI RUMAH SELAMA LIBUR PANJANG UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   DANIEL MANANTA: KSP DIBERI SEPEDA KARENA MENDUKUNG PRODUK DALAM NEGERI, JANGAN JADI POLEMIK   MOELDOKO: DIREKTUR GRATIFIKASI KPK SYARIF HIDAYAT MENYATAKAN PEMBERIAN KEPADA LEMBAGA TIDAK MASUK GRATIFIKASI   MOELDOKO MENGAKU SUDAH BERKONSULTASI DENGAN KPK PERIHAL SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA   MOELDOKO: SEPEDA DARI DANIEL MANANTA DIBERIKAN UNTUK PERAYAAN KEGIATAN HARI SUMPAH PEMUDA YANG DIGELAR OLEH KSP   KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO KLARIFIKASI SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA BUKAN UNTUK PRESIDEN JOKOWI