Kompas TV regional berita daerah

Dua Kapal Asing yang Bawa Jenazah WNI Ditahan di Lanal Batam

Jumat, 10 Juli 2020 | 11:15 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Laut menahan dua buah kapal ikan asing yang ditemukan membawa jenazah satu orang Warga Negara Indonesia.

Penangkapan tersebut disampaikan oleh Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono dalam kunjungan kerjanya di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis pagi (08/07).

Dua kapal ikan asing tersebut, yakni Mv Lu Huang Yuan Yu 117, dan Lu Huang Yuan Yu 118 yang diamankan oleh KRI Bubara bersama tim gabungan di perairan Batam.

Kedua kapal diamankan saat akan melintas dari samudera Indonesia menuju Singapura untuk mengisi bahan bakar.

Salah satu kapal asing itu dilaporkan membawa jenazah WNI.

Mendapat informasi ini, KRI Bubara bersama tim gabungan langsung melakukan pengejaran.

Kapal ikan asing ini sempat mencoba melarikan diri, hingga tim gabungan berhasil menggiring kedua kapal dari TSS atau Traffic Separation Scheme, dan berhasil menghentikan kapal tersebut pada pukul 10:30 WIB.

Setelah dihentikan, tim berhasil menemukan satu jenazah yang diduga korban tindak kekerasan di dalam kapal yang saat ini sudah berhasil dievakuasi ke RS Bhayangkara Polda Riau, untuk dilakukan autopsi dan pemeriksaan lanjut.                                                                       

Selain jenazah WNI ditemukan pula sembilan WNI, tujuh belas warga Negara Tiongkok, dan sembilan warga Negara Filipina.

Jenazah korban ABK ini diketahui berasal dari Lampung.

Saat ini kapal masih diamankan di Lanal Batam berikut ABK, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk menggali informasi dari WNI yang juga merupakan Anak Buah Kapal.

#KapalAsing #WNI

Editor : KompasTV Pontianak



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:21
KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN TERUS DORONG PEMBANGUNAN 27 KAWASAN INDUSTRI BARU   SATGAS COVID-19: PERSENTASE KASUS AKTIF DI INDONESIA TERUS MENURUN   GUGUS TUGAS COVID-19 PROVINSI BANTEN SEBUT 70 PERSEN MASYARAKAT SUDAH PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   PANDEMI COVID-19, DINAS KESEHATAN LAMPUNG MINTA PEMBUKAAN BIOSKOP DI ZONA MERAH DIKAJI ULANG   BUPATI BOGOR ADE YASIN TEKANKAN TEMPAT WISATA WAJIB BATASI 50 PERSEN JUMLAH PENGUNJUNG   MENDAG AGUS SUPARMANTO: DAYA SAING EKSPOR PRODUK HALAL INDONESIA TERGANJAL SERTIFIKASI   KEMENTERIAN PERDAGANGAN SEBUT PENGENDALIAN IMPOR PRODUK HALAL JAGA PASAR DOMESTIK   MENAKER IDA FAUZIYAH JAMIN UU CIPTA KERJA TETAP MENYEJAHTERAKAN PEKERJA   KKP: PEMERINTAH TARGETKAN 10 PERSEN DAERAH PERAIRAN NASIONAL JADI KAWASAN KONSERVASI PADA 2030   ANTISIPASI LONJAKAN PASIEN, RSUD SOEDARSO PONTIANAK DIRIKAN TENDA DARURAT UNTUK RUANG IGD   PRESIDEN YAKIN PEREKONOMIAN INDONESIA YANG MENGALAMI KONTRAKSI AKIBAT PANDEMI AKAN SEGERA PULIH   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PANDEMI COVID-19 TAK HAMBAT UPAYA REFORMASI STRUKTURAL   KAWAL LALU LINTAS LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, POLDA METRO JAYA KERAHKAN 749 PERSONEL   SEKDA BALI DEWA MADE INDRA MINTA SATPOL PP AWASI TEMPAT WISATA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER