Kompas TV TALKSHOW rosi

Ada Upaya Suap Pengacara Maria Lumowa Kepada Otoritas Serbia

Kompas.tv - 10 Juli 2020, 05:29 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV – Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly ungkap adanya upaya penyuapan dari pengacara Maria Pauline Lumowa dan akan diberikan kepada otoritas Serbia.

Bahkan jumlahnya hingga mencapai 500 ribu euro atas komitmen Serbia dalam berantas Korupsi.

Maria Pauline merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) Fiktif.

Maria Pauline ditangkap oleh NCB Interpol Serbia di Bandara Internasional Nikola Tesla, Serbia pada 16 Juli 2019.

Hingga akhirnya delegasi Indonesia pimpinan Menkumham Yasonna Laoly berhasil ekstradisi tersangka kasus pembobolan bank BNI sejumlah 1,7 triliun rupiah.

Pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003, Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dolar AS dan 56 juta Euro atau sama dengan Rp 1,7 Triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Pada Juni 2003, pihak BNI yang curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group mulai melakukan penyelidikan dan mendapati perusahaan tersebut tak pernah melakukan ekspor.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.