Kompas TV nasional berita kompas tv

Mengenal Vaksin Merah Putih, Vaksin Corona Buatan Indonesia yang Sedang dalam Pengembangan

Kompas.tv - 10 Juli 2020, 12:50 WIB

KOMPAS.TV - Vaksin corona buatan Indonesia, kini tengah dikembangkan dengan nama vaksin merah putih.

Eijkman Institut menyatakan bahwa vaksin tengah dalam tahap pengujian.

Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio menyebut, bahwa pembuatan vaksin sudah mencapai 20 sampai 30 persen. Menurutnya ini lah tahap tersulit dari pembuatan vaksin untuk virus corona baru, yang pertama ditemukan di China.

Soebandrio menjelaskan, bahwa dalam tahap ini, Eijkman membangun pondasi dari pembuatan virus ini dari suatu zat protein. Ia menerangkan bahwa selanjutnya, vaksin akan segera diuji atau masuk tahap percobaan terhadap hewan.

Baca Juga: Soroti Rekor Kasus Corona Tembus 2.657, Jokowi: Ini Sudah Lampu Merah Lagi!

Sementara itu, berdasarkan data pemerintah hingga Kamis pukul 12.00 WIB, diketahui ada penambahan 2.657 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan saat ini totalnya ada 70.736 kasus Covid-19 di Tanah Air, terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

"Kami mendapatkan hasil konfirmasi positif sebanyak 2.657 orang, sehingga akumulasinya sekarang menjadi 70.736 orang," ujar Achmad Yurianto.
Jumlah 2.657 kasus baru merupakan angka terbanyak sejak awal pencatatan kasus Covid-19 di Tanah Air.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.