Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Semarang Gratiskan Biaya di 39 Sekolah Swasta

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 17:46 WIB
Penulis : Dea Davina

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Semarang menerapkan pendidikan gratis pada sekolah swasta.

Khususnya bagi sekolah swasta dengan kategori menengah ke bawah.  

Anggaran sekitar 5,4 milyar, nantinya akan dikucurkan untuk biaya pendidikan gratis pada sekolah TK, SD serta SMP Swasta.

39 sekolah swasta di Kota Semarang untuk tingkat TK, SD serta SMP, mulai tahun ini akan di berikan bantuan hibah senilai 5,4 milyar untuk biaya pendidikan gratis bagi sekolah swasta yang sudah memenuhi kriteria Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Baca Juga: Sekolah di Pedalaman TTU Menerima Siswa Baru Secara Offline

Selain sudah terakreditasi, sekolah yang diberikan bantuan tersebut memiliki jumlah kelas serta siswa sejumlah 60 siswa.

Untuk biaya pendidikan gratis yang diberikan dari dana hibah senilai 5,4 milyar tersebut, akan diberikan kepada sekolah untuk menunjang kualitas pendidikan di sekolah swasta.

Untuk tahun pertama pada 2020 ini, pemerintah Kota Semarang mengalokasikan hibah untuk 39 sekolah swasta.

Mendapat hibah untuk pendidikan gratis tersebut, pihak sekolah yang sudah terverifikasi mengaku senang dengan upaya pemerintah meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan dana untuk pengelolaan sekolah.

Baca Juga: 14 Sekolah di Banjarmasin Kekurangan Siswa, 1177 Bangku Peserta Didik Baru Kosong

Selain meringankan orang tua murid, hibah yang diberikan oleh pemerintah Kota Semarang tersebut akan bisa menunjang kualitas pendidikan serta kuantitas murid.

Seperti diketahui anggaran hibah senilai 5,4 milyar yang akan dikucurkan untuk pembiayaan sekolah swasta gratis terdiri dari 7 TK, 14 SD serta 28 SMP.

Untuk tahun pertama alokasi anggaran hibah tersebut, pemerintah kota memberikan pada 39 sekolah swasta dan akan bertambah jumlahnya pada tahun berikutnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x