Kompas TV bisnis kompas bisnis

Kenaikan Cadangan Devisa Indonesia, Pemerintah Bisa Jaga Stabilitas?

Kamis, 9 Juli 2020 | 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – IHSG pagi ini bergerak di level psikologis 5.000. Jika dipantau, saham perbankan banyak disasar oleh pasar.

Tercatat untuk BBCA  dan BBRI mencatatkan penguatan. Untuk BBCA, melami penguatan 3,51%, sedangkan untuk BBRI mengalami penguatan  5,28%.

Beberapa sentimen memang mempengaruhi IHSG sejak kemarin bahkan sampai hari ini.

Berdasarkan hasil pantauan tim Kompas TV. Pertama, terkait dengan hasil rilis  BI terkait dengan kenaikan cadangan devisa negara per Juni. Ada kenaikan dari 130,5 dollar AS  menjadi 131,7 dollar dollar AS.

BI juga menyebut dengan jumlah tersebut sama dengan pembiayaan 8,4 bulan impor atau 8,1 bulan impor dan pembiayaan utang luar negeri pemerintah.

Cadangan devisa yang naik diasumikan pemerintah bisa menjaga stabilitas dan juga ketahanan di sektor eksternal dan juga makro ekonomi atau pun keuangan.

Tentunya dengan situasi seperti ini, tidak hanya mengerek IHSG, tetapi juga kondisi rupiah.

Sentimen yang kedua terkait dengan  penanganan covid-19 di Indonesia, pemerintah sudah memberikan beberapa stimulus melalui program pemulihan ekonomi nasional. Pada program tersebut terdapat  penempatan dana Rp 30 triliun kepada bank-bank BUMN atau Himbara.

Menteri BUMN telah menyebutkan dari Rp 30 triliun yang disalurkan melalui kredit untuk usaha kecil dan menengah sudah disalurkan Rp 11 triliun.

Baca Juga: Terkait Kasus Maria Pauline, Kenali Apa Itu Letter of Credit

Penulis : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:30
PEMPROV DAN DPRD JABAR MENYETUJUI 3 CALON DAERAH PERSIAPAN OTONOM BARU UNTUK DIAJUKAN KE PEMERINTAH PUSAT   BAWASLU AKAN AWASI PROSES PEMILIHAN PILKADA 2020 UNTUK PASIEN KORONA   BAWASLU: ADA 2.126 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM 2 BULAN TERAKHIR MASA KAMPANYE PILKADA 2020   BAWASLU: DALAM 60 HARI, ADA 91.640 KEGIATAN KAMPANYE TATAP MUKA   POLRI KIRIM 3.100 PERSONEL BRIMOB NUSANTARA KE 8 WILAYAH UNTUK AMANKAN PILKADA 2020   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA TNI DAN POLRI KERJA SAMA DALAM PENGAMANAN PILKADA 2020   KEMENTERIAN ESDM MENYATAKAN TARIF LISTRIK UNTUK JANUARI-MARET 2021 TIDAK NAIK   KEMENAG: TAMBAHAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH RP 889 M UNTUK MADRASAH CAIR SEBELUM 20 DESEMBER 2020   PENGAMBILAN RAPOR MURID MAN 22 PALMERAH, JAKARTA, TERTUNDA LANTARAN 30 KARYAWAN DAN GURU POSITIF KORONA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MERUPAKAN PRODUSEN KOPI TERBESAR KEEMPAT DI DUNIA SETELAH BRASIL, VIETNAM, DAN KOLOMBIA   PRESIDEN JOKOWI MELEPAS EKSPOR PRODUK RI KE PASAR GLOBAL SENILAI RP 23,7 TRILIUN   PRESIDEN JOKOWI: MASIH BANYAK POTENSI PASAR EKSPOR YANG BELUM TERGARAP   PRESIDEN JOKOWI AKUI EKSPOR INDONESIA MASIH TERTINGGAL DARI VIETNAM   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN DALAM MENANGKAP PELUANG EKSPOR BAHAN & PRODUKSI DALAM NEGERI