Kompas TV regional berita daerah

Terdampak Pandemi, Mahasiswa Menempuh Tugas Akhir Dibebaskan UKTnya

Kompas.tv - 8 Juli 2020, 15:55 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Universitas Jember Jawa Timur, membebaskan Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa yang tengah menyelesaikan tugas akhir. Kebijakan tersebut diambil untuk memberikan keringanan kepada mahasiswa di masa pandemi Covid-19.

Pembebasan uang kuliah tunggal atau UKT sesuai dengan surat edaran Rektor Universitas Jember. Pembebasan UKT dikhususkan bagi mahasiswa semester akhir, yang telah melakukan seminar proposal tugas akhir atau menempuh Tugas Akhir, seperti skripsi, tesis dan disertasi.

Pembebasan UKT diberikan kepada seluruh program, baik program Diploma III,Strata I, hingga Pasca Sarjana.

Baca Juga: Bupati Faida Cek Pelaksanaan UTBK SBMPTN, Beberapa Peserta Tidak Hadir Karena Reaktif

Tak hanya mahasiswa akhir, bagi mahasiswa yang masih semester awal dan pertengahan juga diberikan keringanan UKT, namun skemanya berbeda. Ada skema menggeser kelas UKT, menunda, dan mengangsur pembayaran UKT.

Kasubag Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto menegaskan kebijakan tersebut diambil untuk meringankan beban mahasiswa dan orang tua di tengah pandemi.

Pembebasan UKT membuat sejumlah mahasiswa senang, salah satunya dirasakan oleh penerima bebas UKT, Bagas Yanuar. Dengan bebas UKT tersebut, ia merasa terbantu dan bisa lebih fokus menyelesaikan tugas akhir.

Baca Juga: 4.350 Peserta UTBK SBMPTN Ikut Rapid Test

Data dari Universitas Jember, jumlah penerima pembebasan UKT mencapai 5.519 mahasiswa.

 

#Mahasiswa #UniversitasJember #BiayaKuliah #PandemiCovid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x