Kompas TV nasional sosial

Presiden Jokowi sudah Beli Sapi Kurban untuk Idul Adha nanti, Bobot Sapi 1 Ton Harganya 90 Juta

Kompas.tv - 8 Juli 2020, 11:32 WIB
presiden-jokowi-sudah-beli-sapi-kurban-untuk-idul-adha-nanti-bobot-sapi-1-ton-harganya-90-juta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kurban sapi berbobot besar tahun lalu (2019). Sapi kurban Jokowi di Bogor, Jawa Barat. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lebaran Idul Adha 1441 H/2020 M tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan untuk berkurban.

Baca Juga: Pedagang Hewan Kurban Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Hewan kurban yang sudah dibeli Jokowi berupa sapi seberat 1 ton dari seorang peternak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sapi yang dibeli orang nomor satu di Indonesia ini biasanya memang memiliki bobot yang besar.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul, Joko Waluyo mengatakan, sapi yang dibeli Jokowi dari peternak dihargai Rp 90 juta. 

"Jadi sapi yang dicari di DIY kemarin ada lima titik, Bantul tiga dan Sleman dua, yang lolos seleksi dari yang Sedayu. Harga sapi sebesar Rp 90 juta dengan berat badan kurang lebih 1 ton," kata Joko, seperti dilansir Antara, Rabu (8/7/2020).

Menurut dia, tiga sapi milik peternak di Bantul yang diseleksi itu berada di Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kecamatan Pajangan, dan Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret. 
"Setelah dicek oleh teman-teman Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta yang lolos satu, di Sedayu," katanya.

Menurut dia, peternak di Sedayu yang beruntung terpilih untuk menjual sapi kepada Presiden tersebut adalah Rika di Dusun Karangasem, Desa Argomulyo. Jenis sapi yang dibeli adalah simmental dengan berat sekitar satu ton. 

Baca Juga: Periksa Kesehatan Hewan Untuk Kurban, Petugas Temukan Sapi Cedera Dalam Pengiriman

Joko mengatakan, sebelum terpilih oleh Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta, di wilayah DIY ada lima sapi peternak yang diajukan, selain tiga dari Bantul tersebut, dua ekor sapi dari Kabupaten Sleman.

Joko menambahkan, untuk lokasi pada saat pemotongan di Idul Adha nanti belum diketahui.

"Sudah clear (sapinya), tapi mau dipotong di mana kami tidak tahu, yang jelas Presiden Jokowi sudah membeli sapi dari Bantul satu ekor," kata Joko, menegaskan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.