Kompas TV bisnis kompas bisnis

Amerika Serikat Setuju Indonesia Membeli 8 Pesawat Osprey

Rabu, 8 Juli 2020 | 11:00 WIB

KOMPAS.TV - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat merestui rencana penjualan delapan pesawat tiltrotor MV-22 Osprey Block-C kepada Indonesia.

Membahas salah satu rencana belanja militer tahun 2020, soal militer dan pertahanan negara berarti ke Kementerian Pertahanan. Belanja Kementerian Pertahanan tahun ini mencapai Rp 131 triliun.

Rencana pembelian Ospray terungkap dalam siaran pers Badan Kerja Sama Pertahanan Keamanan Amerika Serikat, alias Defense Security Cooperation Agency.

Mengutip keterangan resmi tersebut, Pemerintah Indonesia telah mengajukan pembelian 8 pesawat MV-22 Osprey Block C kepada Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Jika direalisasikan, Indonesia adalah negara ketiga yang militernya mengoperasikan Osprey, setelah Amerika Serikat dan Jepang.

Kelebihan mv-22 Osprey ini adalah pesawat angkut militer yang menggabungkan keunggulan sebuah helikopter dengan pesawat sayap tetap ataw fixed wing.

Saat baling-balingnya menghadap ke atas, pesawat ini bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal layaknya helikopter serta bisa melakukan terbang diam seperti helikopter.

Nilai total pembelian 8 osprey mencapai 2 miliar dollar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 28,9 triliun. Tidak disebutkan kapan transaksi pembelian ini akan dilakukan. Angka yang tidak sedikit, apalagi saat keuangan negara sedang terjepit covid-19.

Tetapi Januari lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan pembelian alutsista diputuskan dan digunakan secara cermat dan efektif, terutama bila sumber dana pembelian dari pinjaman luar negeri.

Mengutip Sri Mulyani, pinjaman dalam negeri masih relatif tidak bermasalah, yang sering bermasalah adalah pinjaman luar negeri.

Banyak alutsista kita dibeli dari berbagai macam negara dan ini pun menurut Menkeu membutuhkan suatu pemikiran dan keputusan bersama, strategi dari Kemenhan dan Panglima Kepala Staf.

Baik seperti apa komposisi dan sumbernya serta asalnya, karena semua itu adalah keputusan strategis di institusi negara.

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:12
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG