Kompas TV klik360 cerita indonesia

Melepas Kejenuhan Dengan Bermain dan Belajar di Saung

Rabu, 8 Juli 2020 | 14:38 WIB

BANDUNG, KOMPAS.TV - Belasan anak di kampung Bojong Asih, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mendatangi sebuah saung. Bersama komunitas Munding Dongkol, saung di pinggir sungai Citarum ini menjadi tempat bermain dan belajar bersama.

Sebelum memasuki saung, anak-anak diwajibkan mencuci tangan dan menjaga jarak selama berkegiatan. Mereka pun harus memakai masker sebagai bagian dari protokol kesehatan.

Selama pandemi Covid-19, anak-anak tidak ada yang pergi ke sekolah, dan banyak menghabiskan waktu untuk belajar di rumah. Kegiatan di saung menjadi pelepas rindu untuk belajar dan bermain bersama teman-teman.

Selama di saung, anak-anak belajar menggambar, membaca dan berkreasi mendaur ulang sampah kertas. Anak-anak juga memainkan aneka permainan tradisional.

Proses belajar dengan cara yang menyenangkan ini memiliki efek positif. Anak-anak kini lebih aktif berinteraksi tanpa bermain dengan gawai.

Kegiatan belajar yang digelar komunitas Munding Dongkol digelar 3 kali dalam seminggu. Selama pandemi covid-19, kegiatan belajar di saung ini akan terus dilakukan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:39
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA