Kompas TV klik360 cerita indonesia

Melepas Kejenuhan Dengan Bermain dan Belajar di Saung

Rabu, 8 Juli 2020 | 14:38 WIB

BANDUNG, KOMPAS.TV - Belasan anak di kampung Bojong Asih, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mendatangi sebuah saung. Bersama komunitas Munding Dongkol, saung di pinggir sungai Citarum ini menjadi tempat bermain dan belajar bersama.

Sebelum memasuki saung, anak-anak diwajibkan mencuci tangan dan menjaga jarak selama berkegiatan. Mereka pun harus memakai masker sebagai bagian dari protokol kesehatan.

Selama pandemi Covid-19, anak-anak tidak ada yang pergi ke sekolah, dan banyak menghabiskan waktu untuk belajar di rumah. Kegiatan di saung menjadi pelepas rindu untuk belajar dan bermain bersama teman-teman.

Selama di saung, anak-anak belajar menggambar, membaca dan berkreasi mendaur ulang sampah kertas. Anak-anak juga memainkan aneka permainan tradisional.

Proses belajar dengan cara yang menyenangkan ini memiliki efek positif. Anak-anak kini lebih aktif berinteraksi tanpa bermain dengan gawai.

Kegiatan belajar yang digelar komunitas Munding Dongkol digelar 3 kali dalam seminggu. Selama pandemi covid-19, kegiatan belajar di saung ini akan terus dilakukan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penulis : Aryo bimo


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:40
TNI AU BERANGKATKAN 7 PESAWAT BANTU KORBAN GEMPA DI MAJENE, SULBAR, DAN BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MINTA DISTRIBUSI LOGISTIK KORBAN GEMPA DIKAWAL KETAT   KADIV HUMAS POLRI MENGATAKAN KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA DUKUNGAN DAN WEJANGAN KEPADA SEJUMLAH MANTAN KAPOLRI   KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SAMBANGI SEJUMLAH MANTAN KAPOLRI   BNPB SEBUT JALUR DARAT YANG MENGHUBUNGKAN KABUPATEN MAJENE DAN KABUPATEN MAMUJU, SULBAR, SUDAH KEMBALI PULIH    TIM DVI RS POLRI SERAHKAN DELAPAN JENAZAH KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ182 KEPADA KELUARGA   BASARNAS: KORBAN JIWA GEMPA SULBAR JADI 49 ORANG PADA SABTU, 16 JANUARI 2021   KEPALA KANTOR SAR BANDUNG MENGATAKAN 12 KORBAN LONGSOR DI CIHANJUANG, SUMEDANG, MASIH DALAM PROSES PENCARIAN   KEPALA KANTOR SAR BANDUNG SEBUT KORBAN MENINGGAL AKIBAT LONGSOR DI SUMEDANG BERTAMBAH MENJADI 28 ORANG   BNPB MINTA WARGA WASPADAI LAHAR HUJAN PASCA-LETUSAN GUNUNG SEMERU    TIM DVI POLRI KUMPULKAN 351 SAMPEL DNA KELUARGA DAN KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ182 HINGGA SABTU, 16 JANUARI    HINGGA SABTU, 16 JANUARI 2021, BASARNAS SERAHKAN 298 KANTONG BERISI BAGIAN TUBUH KORBAN SRIWIJAYA AIR KE DVI POLRI    KAPOLSEK PACET: PENYEBAB ROBOHNYA BANGUNAN PONDOK PESANTREN AL MADAROH MASIH DIDALAMI   KAPOLSEK PACET SEBUT 8 SANTRI MASIH TERTIMBUN RERUNTUHAN BANGUNAN PONDOK PESANTREN AL MADAROH