Kompas TV nasional berita kompas tv

Sejumlah Gempa Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

Kompas.tv - 8 Juli 2020, 08:31 WIB

KOMPAS.TV - Sejumlah gempa dirasakan oleh masyarakat pada Selasa kemarin (07/07/2020), tepatnya di tiga wilayah yakni di Jepara Jawa tengah 6,1 magnitudo, lalu di Perairan Rangkasbitung Banten 5,4 magnitudo, dan arah barat daya Pengandaran Jawa Barat Sebesar 5,0 magnitudo.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, Tiar Prasetya. Secara keseluruhan gempa terjadi karena adanya aktivitas tiga lempeng bergerak, yakni Indo Australia yang bergerak masuk ke Euro Asia, dan terjadi patahan lempeng di dasar laut.

Ini merupakan hal yang memang sering terjadi, karena adanya benturan antar-lempengan. Menurut BMKG, seluruh gempa yang terjadi kemarin tidak berpotensi tsunami.

Salah satu titik gempa dengan magnitudo 5,4 mengguncang Lebak, Banten.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Banten, sampai saat ini belum mendapatkan laporan terkait kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa magnitudo 5,4 yang mengguncang lebak, 18 kilometer barat daya Rangkasbitung.

Belum ada laporan kerusakan. suasana dan kondisi kota Rangkasbitung pun kondusif. Namun aktivitas warga berjalan seperti biasa.

Baca Juga: Deretan Gempa Hari Ini 2020 Guncang Pulau Jawa: Jepara, Rangkasbitung, dan Pangandaran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x