Kompas TV nasional berita kompas tv

Sejumlah Gempa Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

Rabu, 8 Juli 2020 | 08:31 WIB

KOMPAS.TV - Sejumlah gempa dirasakan oleh masyarakat pada Selasa kemarin (07/07/2020), tepatnya di tiga wilayah yakni di Jepara Jawa tengah 6,1 magnitudo, lalu di Perairan Rangkasbitung Banten 5,4 magnitudo, dan arah barat daya Pengandaran Jawa Barat Sebesar 5,0 magnitudo.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, Tiar Prasetya. Secara keseluruhan gempa terjadi karena adanya aktivitas tiga lempeng bergerak, yakni Indo Australia yang bergerak masuk ke Euro Asia, dan terjadi patahan lempeng di dasar laut.

Ini merupakan hal yang memang sering terjadi, karena adanya benturan antar-lempengan. Menurut BMKG, seluruh gempa yang terjadi kemarin tidak berpotensi tsunami.

Salah satu titik gempa dengan magnitudo 5,4 mengguncang Lebak, Banten.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Banten, sampai saat ini belum mendapatkan laporan terkait kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa magnitudo 5,4 yang mengguncang lebak, 18 kilometer barat daya Rangkasbitung.

Belum ada laporan kerusakan. suasana dan kondisi kota Rangkasbitung pun kondusif. Namun aktivitas warga berjalan seperti biasa.

Baca Juga: Deretan Gempa Hari Ini 2020 Guncang Pulau Jawa: Jepara, Rangkasbitung, dan Pangandaran

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:05
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG