Kompas TV regional berita daerah

Periksa Kesehatan Hewan Untuk Kurban, Petugas Temukan Sapi Cedera Dalam Pengiriman

Kompas.tv - 8 Juli 2020, 03:05 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Sapi-sapi asal kupang yang baru tiba di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih Banjarmasin ini langsung mendapat pemeriksaan medik veteriner dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan (DKP3) Banjarmasin, selasa pagi (7/7/2020).

Seperti biasanya petugas memastikan para sapi yang tiba terhindar dari penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan manusia seperti antrax dan cacing pita.

Meski sebelumnya telah diperiksa saat pengiriman, pengecekan kesehatan kali ini untuk meastikan sapi aman dijual khususnya untuk hewan kurban jelang idul adha.

Baca Juga: Kekurangan Siswa Baru, Sekolah Terpaksa Buka Pendaftaran Offline

Tak menemukan penyakit berbahaya, petugas medik veteriner hanya mendapati sapi yang mengalami patah tulang saat dalam perjalanan.

Sapi itupun disarankan untuk segera dipotong untuk kebutuhan daging di pasaran kota Banjarmasin.

Petugas menyatakan meski pandemi covid-19, tidak ada perlakuan khusus pada pemeriksaan sapi.

Baca Juga: Ringankan Beban Warga, Sewa Rusun Dibebaskan Tiga Bulan

Petugas menyarankan bagi masyarakat yang ingin membeli sapi untuk kurban, memilih sapi yang sehat dengan ciri-ciri diantaranya berdiri kokoh, bulu mengkilat dan tidak cacat fisik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.