Kompas TV nasional aiman

PPDB Jalur Zonasi Berdasarkan Zona Kelurahan ? - AIMAN (Bag 4)

Selasa, 7 Juli 2020 | 21:51 WIB

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi di Ibu Kota menuai kontroversi. Pasalnya jalur yang seharusnya mengutamakan titik jarak antara rumah ke sekolah, kini menggunakan lingkup Kelurahan. Alhasil seleksi zonasi, otomatis menggunakan usia tertua karena pendaftar dalam lingkup Kelurahan membeludak.

Akibatnya, banyak calon siswa gagal masuk ke sekolah tujuan. Hal ini lantas membuat banyak orang tua murid berunjuk rasa sejak Senin 29 Juni lalu menuntut pembatalan proses PPDB DKI Jakarta 2020! Namun Wakil Kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang juga merupakan Ketua Panitia PPDB Jakarta 2020, Saefuloh Hidayat mengatakan bahwa jalur zonasi di DKI Jakarta sudah merujuk pada Permendikbud No.44 Tahun 2019.

Meski ada perbedaan dengan daerah lain, namun ia mengatakan hal ini disebabkan letak demografis Jakarta yang berpenduduk padat dan adanya hunian vertikal, sehingga membuat jalur zonasi diberlakukan berdasarkan zona kelurahan. "Seleksi berikutnya berdasarkan usia dan tidak berdasarkan nilai," ujar Saefuloh saat diwawancara pada program AIMAN.

Lantas bagaimanakah nasib calon siswa kini?

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono berkunjung ke kediaman salah seorang siswa yang gagal masuk SMA negeri favoritnya lantaran seleksi usia. Mirisnya, calon siswa yang tinggal di Rusunawa Jatinegara Kaum ini juga gagal pada jalur afirmasi meski merupakan pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang merupakan syarat masuk di jalur ini dan juga pada jalur prestasi non-akademik. Bagaimana solusi pemerintah akan kebijakan PPDB yang berlaku di Jakarta ini?

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:18
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA