Kompas TV regional berita daerah

Usaha Kuliner Abon Pepaya Digemari Anak Muda

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 21:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN, KOMPAS.TV – Jika bosen mengonsumsi buah pepaya dengan cara itu - itu saja, mungkin bisa mencobanya dengan cara lain, yakni buah pepaya muda diolah menjadi camilan berbentuk abon. Selain gurih, abon pepaya bisa dijadikan usaha usaha kuliner.

Abon buah pepaya salah satunya dikreasikan oleh tiga anak muda, yang masih berstatus sebagai Mahasiswa Perguruan Tinggi. Dua di antaranya adalah Aan Tirta Wibawa dan Windi Oktavia.

Mereka memproduksi abon pepaya di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Ide membuat abon pepaya berawal dari melimpahnya pepaya di kampung mereka, namun tak memiliki nilai jual sama sekali. 

Baca Juga: Keripik Pare, Gurih dan Tidak Pahit

Pembuatan abon pepaya relatif mudah. Pertama kupas dan rajang pepaya menggunakan parut. Lalu bersihkan rajangan pepaya dengan garam untuk menghilangkan getah dan rasa pahit.

Kemudian campur rajangan pepaya dengan adonan bumbu, dari bawang merah, bawang putih, garam dan bumbu khusus. Lalu tambahkan tepung beras dan terigu secukupnya.

Aduk adonan tersebut hingga merata dan saring agar tepung terpisah dengan rajangan pepaya. Lalu goreng beberapa menit saja agar renyah dan gurih.

Abon pepaya digemari semua kalangan, tak heran produksi abon pepaya mereka banyak yang memesan. Dalam sehari, tiga anak muda tersebut mampu memproduksi abon pepaya sebanyak 300 bungkus.

Baca Juga: Abon Ikan Nila, Kreasi Oleh-oleh Khas Subang

Pemasarannya dilakukan secara online dengan harga 8 ribu rupiah untuk kemasan 200 gram. Dalam sebulan omzet, yang dihasilkan mencapai 10 juta rupiah.

#Abon #Pepaya #UsahaKuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x