Kompas TV regional berita daerah

Kasus Corona Kalsel Terus Naik, Epidemiolog Sarankan Pemerintah Giatkan Disiplin Penggunaan Masker

Selasa, 7 Juli 2020 | 20:32 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Ahli epidemiologi Kalimantan Selatan, Dharma Putra ingatkan masyarakat agar terus disiplin gunakan masker saat berkegiatan sosial.

Mengenakan masker secara benar dan disiplin  merupakan cara alternatif pencegahan terbaik penularan covid-19.

Mengenakan masker dengan benar adalah satu diantara sejumlah cara terbaik mencegah penularan virus covid-19 yang menurut paara ahli sangat cepat.

Ahli epidemiologi, Dharma Putra pun mengatakan jika masyarakat patuh pada tata cara penggunaan masker yang benar saja, maka pengaruh akan sangat besar dalam penurunan jumlah penularan.

Apalagi jika dikuatkan dengan kepatuhan pada protokol kesehatan lain.

Baca Juga: Tetap Semangat, Penari Kecil Jalani Latihan Dengan Face Shield

Untuk itu, kesadaran warga berdisiplin dalam mengenakan masker harus terus dipelihara dengan masyarakat fokus membiasakan pengunaan masker dalam setiap berkegiatan sosial.

Darma putra juga menilai pemerintah perlu terus mendukung kesiapan dan terdistribusinya masker sampai ke pelosok untuk masyarakat di masa pandemi ini agar masyarakt tidak terbebani dengan harus membeli masker sendiri saat sulit mendapatkan penghasilan. 

“kalau perlu ada subsidi dari pemerintah sehingga semua masker itu ada dalam jumlah yang cukup di masyarakat”, Ucap Dharma Putra.

Baca Juga: Kafe Terapkan Protokol Kesehatan Pasca Berakhirnya PSBB di Banjarmasin

Namun tidak berhenti di situ, selain menggunakan masker, Dharma juga menekankan pentingnya edukasi pemakaian masker yang benar pada masyarakat.

“Kedua adalah mutu pemakaian masker, semua masyarakat harus diedukasi untuk memakai masker dengan benar bukan sekedar memakai”, tuturnya.

Sementara berdasarkan data gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kalimantan selatan, jumlah positif covid-19 di Kalsel pada selasa 7 juli 2020 sore tercatat sebanyak 3.695 kasus, meningkat dari hari sebelumnya 3.628 kasus.

Editor : KompasTV Banjarmasin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:19
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG