Kompas TV entertainment lifestyle

Setahun Diblokir, Ini Alasan Telkom Buka Akses Netflix

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 19:15 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPASTV – Kabar baik untuk para penikmat film di media streaming digital Netflix. Konten-konten di Netflix sudah bisa diakses di jaringan TelkomGroup.

Pembukaan akses Netflik di jaringan TelkomGroup ini akan memungkinkan bagi pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo menjelaskan Netflix telah menunjukkan komitmennya untuk serius dapat diterima masyarakat Indonesia melalui langkah-langkah yang dilakukannya.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, di Jakarta.

Perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix terkait dengan penambahan fitur untuk membatasi akses bagi tayangan yang sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control). Netflix juga telah menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan.

Disamping itu juga, Netflix menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code  for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN” di mana salah satu kesepakatannya adalah untuk tidak menayangkan prohibited content yakni konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme, dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu. 

Sebelumnya, Netflix diblokir Telkom pada Maret 2019. Buntutnya, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menilai ada dugaan persaingan tidak sehat yang dilakukan Telkom terhadap Netflix.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x