Kompas TV video cerita indonesia

Miris! Hiu Tutul Terdampar di Pantai di Potong-potong Warga

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 14:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JEMBER, KOMPASTV - Jawa Timur, dalam dua hari terakhir dihebohkan dengan terdamparnya tiga ekor hiu tutul di pesisir pantai Jeni, Desa Kepanjen, Gumukmas, Jember. Namun mempritahinkan, satwa dilindungi tersebut dipotong dan diperebutkan warga untuk dikonsumsi. Video saat sekelompok warga memotong ikan langka berbobot kurang lebih satu ton tersebut mendadak viral.

Dalam rekaman video amatir, tampak sejumlah warga memotong seekor ikan hiu tutul yang terdampar tak berdaya di pesisir pantai selatan di Desa Kepanjen, Jember, Jawa Timur.

Ikan yang diperkirakan mempunyai panjang lima meter dengan bobot kurang lebih satu ton, dipotong warga yang dagingnya dikumpulkan tak jauh dari lokasi terdamparnya ikan hiu tutul tersebut.

Ikan hiu tutul dengan nama latin Rhyncodon Typus, tergolong ikan langka dan masuk dalam status konservasi satwa dilindungi.

Menurut keterangan dinas perikanan kabupaten jember, jawa timur, video pemotongan ikan hiu tutul tersebut terjadi pada hari minggu sore tanggal 5 Juli 2020.

Pihaknya juga mengkonfirmasikan bahwa, ada tiga hiu tutul yang terdampar dan tersangkut jaring nelayan, namun dua ekor diantaranya berhasil digiring kembali ke tengah laut.

Sementara itu berdasarkan keterangan pihak bidang konservasi sumber daya alam wilayah tiga, Jember, Jawa Timur, sudah melakukan kebenaran video tersebut yang sekaligus memberikan edukasi kepada warga setempat agar tidak terulang kejadian serupa.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x