Kompas TV klik360 cerita indonesia

Miris! Hiu Tutul Terdampar di Pantai di Potong-potong Warga

Selasa, 7 Juli 2020 | 14:30 WIB

JEMBER, KOMPASTV - Jawa Timur, dalam dua hari terakhir dihebohkan dengan terdamparnya tiga ekor hiu tutul di pesisir pantai Jeni, Desa Kepanjen, Gumukmas, Jember. Namun mempritahinkan, satwa dilindungi tersebut dipotong dan diperebutkan warga untuk dikonsumsi. Video saat sekelompok warga memotong ikan langka berbobot kurang lebih satu ton tersebut mendadak viral.

Dalam rekaman video amatir, tampak sejumlah warga memotong seekor ikan hiu tutul yang terdampar tak berdaya di pesisir pantai selatan di Desa Kepanjen, Jember, Jawa Timur.

Ikan yang diperkirakan mempunyai panjang lima meter dengan bobot kurang lebih satu ton, dipotong warga yang dagingnya dikumpulkan tak jauh dari lokasi terdamparnya ikan hiu tutul tersebut.

Ikan hiu tutul dengan nama latin Rhyncodon Typus, tergolong ikan langka dan masuk dalam status konservasi satwa dilindungi.

Menurut keterangan dinas perikanan kabupaten jember, jawa timur, video pemotongan ikan hiu tutul tersebut terjadi pada hari minggu sore tanggal 5 Juli 2020.

Pihaknya juga mengkonfirmasikan bahwa, ada tiga hiu tutul yang terdampar dan tersangkut jaring nelayan, namun dua ekor diantaranya berhasil digiring kembali ke tengah laut.

Sementara itu berdasarkan keterangan pihak bidang konservasi sumber daya alam wilayah tiga, Jember, Jawa Timur, sudah melakukan kebenaran video tersebut yang sekaligus memberikan edukasi kepada warga setempat agar tidak terulang kejadian serupa.
 

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:19
KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN    MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT    PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19    DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN    POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN    SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI   KEMENTERIAN PPPA USUL PEREMPUAN LEBIH BANYAK MENERIMA BANTUAN PRESIDEN USAHA MIKRO (BPUM)    KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021   SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA    WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN    KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK